lihat juga

Monday, August 30, 2010

Pemanasan global memaksa kadal untuk pindah ke tempat teduh




Kadal berada dalam bahaya mati dalam skala besar karena naiknya suhu bumi, hal ini memaksa mereka untuk menghabiskan lebih banyak waktu tinggal di tempat teduh serta dingin dan cenderung sedikit waktu untuk kebutuhan dasar seperti makan dan kawin.

Jika planet ini terus memanas di tingkat saat ini, 20 persen dari semua spesies kadal bisa menjadi punah pada 2080, para ilmuwan memperingatkan dalam penelitian yang dipublikasikan kemarin.

Peneliti Barry Sinervo, dari Universitas California, Santa Cruz, mengatakan: "Angka tersebut sebenarnya cukup menakutkan."


Di bawah ancaman: Jika planet ini terus memanas di tingkat saat ini, 20 persen dari semua spesies kadal bisa menjadi punah pada 2080, ilmuwan mengklaim .

Dia menambahkan: "Kita harus mencoba untuk membatasi dampak perubahan iklim sekarang atau kita akan kehilangan spesies ini."

Sebuah kepunahan massa kadal, yang memakan serangga dan dimakan oleh burung-burung, bisa memiliki efek merugikan atas dan ke bawah rantai makanan, tetapi sejauh ini sulit untuk memprediksi .

Dr Sinervo membuat model kadal dengan monitor termal dan meninggalkan mereka di bawah sinar matahari yang membakar Meksiko selatan untuk mengukur bagaimana reptil akan bereaksi terhadap suhu pada ketinggian yang berbeda.

Kadal berjemur di matahari tidak untuk bersantai tapi untuk melindungi diri. Sebagai 'ectotherms' mereka tergantung pada lingkungan eksternal untuk mengendalikan suhu tubuh mereka.

Tidak seperti mamalia, reptil yang sedang kepanasan ketika mereka tidak dapat keringat atau mereka harus mundur ke bawah teduh atau liang di bawah batu untuk mendinginkan diri.

Permainan kata-kata biologi ini telah menyebabkan kepunahan dari 5 persen dari populasi kadal di seluruh dunia.

Suhu yang meningkat terlalu cepat. Evolusi tidak bisa mengikuti, kata Jack Situs, seorang herpetologis di Brigham Young University yang bekerja sama dengan penelitian Dr Sinervo's.

Kadal keluar pada siang hari untuk menghangatkan dan menggunakan waktu untuk menemukan makanan yang diperlukan untuk berkembang biak.

"Pemanasan suhu ini menyebabkan kadal tidak ingin berlama lama mencari makan"kata Dr Situs.

"Jadi mereka tidak mati secara langsung tetapi mereka tidak dapat mereproduksi. Hanya berlangsung beberapa generasi itu dan penduduk akan spiral ke bawah sampai akan punah. "

Elizabeth Bastiaans, seorang dokter mahasiswi di laboratorium Dr Sinervo, mulai belajar kadal di padang gurun di luar Mexico City dekat piramida Aztec di Teotihuacan .

"Aku sudah di luar sana melakukan banyak percobaan seta penelitian selama beberapa tahun terakhir dan Anda melihat kadal di pagi hari dan Anda melihat mereka di malam hari. Tapi di bagian terpanas hari, itu terlalu panas, Anda tidak melihat mereka sama sekali, "kata Ms Bastiaans.

"Jika iklim terus panas, mereka akan pergi ke atas gunung-gunung," ujar Ms Bastiaans. "Ada begitu banyak cara namun hanya gunung yang mampu mereka panjat."

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 1:44 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf