lihat juga

Wednesday, September 23, 2009

Cara Pasang Meta Tag

Kegunaan Meta Tag adalah untuk mendongkrak posisi website / blog kita pada sebuah search engine semacam Google ataupun Yahoo. Tag Meta juga dapat diartikan sebagai identitas dari sebuah website / blog. Dengan adanya tag meta ini akan memudahkan search engine untuk mengidentifikasi website / blog kita. Jadi, tidak ada salahnya kalau kita juga memasang Tag Meta di dalam website / blog kita.
Ada beberapa jenis-jenis Meta Tag, saya akan contohkan seperti yang saya pasang pada blog ini:

1. Tag Title
    Bentuk Tag Title adalah sebagai contoh:  <title>BLOG AMIN</title>. Kegunaanya yaitu sebagai keterangan judul blog kita.

2. Tag Description
     Tag Description adalah deskripsi singkat blog kita. biasanya search engine menampilkan Tag Description ini dalam pencariannya. Meta tag description digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman web Anda. Ukurannya disarankan tidak lebih dari 200 karakter. Dan usahakan agar description ini bisa menjadi kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman blog/web yang bersangkutan. Contoh penulisan meta tag description adalah sebagai berikut :

<meta content='tutorial blog di blogspot. download gratis mp3. Juga dipelajari tips mengedit HTML untuk mempercantik blog' name='description'/>

Beberapa search engine seperti Nothern Light dan Google tidak memakai meta tags sebagai deskripsi hasil pencariannya. Yang mereka gunakan adalah kalimat-kalimat awal yang ada pada halaman tersebut. Itulah sebabnya kenapa saya sarankan agar Anda menggunakan isi dari meta tag description sebagai kalimat pembuka. Dan jika bagian paling awal dari web Anda berupa sebuah menu, maka deskripsi yang ditampilkan pada hasil pencarian Northern Light adalah seperti ini :

Home | Products and Service | Contact Us | About Us ...welcome to our online store, the best place on the web to...

3. Tag Keyword
     Meta tag keyword sangat penting untuk menentukan kata kunci yang bisa menemukan halaman blog/web  anda pada search engine. bentuk dasar dari meta tag keyword adalah sebagai berikut :

<meta content='keyword1 keyword2 keyword3 dst...' name='keywords'/>


atau ada juga yang menulis dengan pemisah tanda koma :

<meta content='keyword1, keyword2, keyword3, dst...' name='keywords'/>

Keduanya berfungsi sama dan tidak ada pengaruhnya pada search engine. Tujuan pemakaian tanda koma agar keyword-keyword tersebut lebih mudah dibaca. Yang perlu diperhatikan disini adalah jangan mengulang sebuah kata lebih dari 3 kali, karena akan dianggap spamming. Contoh pemakaian meta tag keyword yang salah adalah :

<meta content='tips, trik, panduan blog, tutorial blog, blog tutorials, membuat blog, mendesain blog, blogger, blogspot, HTML, SEO, pemula, download gratis' name='keywords'/>

 Keyword diatas mengulang kata "blog" lebih dari 3 kali. Contoh penggunaan keyword yang benar sebagai berikut:

<meta content='tips, trik, panduan blog, tutorial blog,mendesain blog, blogger, blogspot, HTML, SEO, pemula, download gratis' name='keywords'/>.

 4. Robots
   Tujuan utama penggunaan meta tag robots adalah untuk menentukan halaman web yang mana bisa di-index oleh spider dan halaman web mana yang tidak. Tag ini sangat berguna sekali terutama jika seuatu website memakai frame untuk navigasinya. Tentunya kita tidak ingin menampilkan menu-menu dalam frame untuk dibaca oleh search engine. Format dasar dari meta tag robots adalah sebagai berikut :

<meta name="robots" content="index | noindex | follow | nofollow">

Sebagai contoh, jika Anda ingin agar spider membaca main page, dan menelusuri semua link yang ada maka tambahkan perintah berikut ini :

<meta content="index follow" name="robots"></meta>


    Sebenarnya masih ada beberapa Meta Tag lainnya yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan website / blog kita, antara lain  saya contohkan yang saya gunakan pada blog saya misalnya:

<meta content='ALL' name='SPIDERS'/><meta content='ALL' name='WEBCRAWLERS'/><meta content='global' name='distribution'/><meta content='follow,all' name='Robots'/> 
<meta content='Nama Anda' name='author'/>
Tag Meta biasanya diletakkan di awal blog, atau lebih tepatnya sesudah tag  <head>

Untuk pengguna blogger, tinggal buka EDIT HTML, lalu cari tag  <head> dan letakan tag Meta anda tepat dibawahnya.
 
Selamat mencoba.... 

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 10:57 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf