lihat juga

Wednesday, October 7, 2009

Panduan google analytics

Google analytics adalah tool yang dapat menunjukkan informasi tentang pengunjung blog anda, juga bisa mengetahui keyword apa yang mereka ketik pada mesin pencari sehingga menemukan blog anda, dari mana asal pengunjung tersebut dan untuk mengetahui bagaimana mereka berinteraksi dengan blog anda.

Untuk menambahkan google analytics pada blog anda sebenarnya sangat mudah, pada artikel ini saya akan berbagi pada anda bagaimana untuk menerapkannya.

OK…langsung saja ke inti permasalahannya, caranya yaitu:

 

Langkah #1- Mendaftarkan blog anda ke akun Google Analytics.

Kunjungi Google Analytics dan sign in menggunakan akun google anda. Jika akun anda tidak bisa digunakan karena beberapa alasan, buatlah akun baru untuk masuk. Ketika anda sudah login, akan terlihat seperti gambar berikut:

 

Klik tombol “Sign Up >>”, maka proses akan dilanjutkan pada halaman berikutnya dimana akan muncul kotak isian mengenai informasi umum anda seperti Website URL, Account Name, dll, seperti pada gambar berikut:

 

Selanjutnya akan muncul kotak isian mengenai informasi kontak anda seperti first name, last name, dll. Isilah dengan benar dan klik Continue.

Bacalah “GOOGLE ANALTICS AND TERMS SERVICE” kemudian beri centang “Yes, I agree to the above terms and conditions” kemudian klik “Create New Account >>

Langkah berikut klik pada box sehingga kode akan di highlight dengan otomatis. Copy kode tersebut dan paste pada Notepad atau MS Word anda kemudian simpan . Kode tersebut anda akan gunakan nanti pada langkah #2.


Setelah anda klik “continue >>”, anda akan masuk halaman baru dashboard Google Analitycs. Disana anda akan melihat blog anda sudah terdaftar tapi blog anda belum mempunyai analisis data.

Sampai disini anda telah melakukan pendaftaran akun Google Analytics. Langkah selanjutnya adalah meletakkan kode Google Analytics Tracking pada template anda yang telah anda simpan  tadi.

Langkah#2- Menambahkan kode Google Analytics Tracking  pada template blog anda

Login ke akun blogger anda kemudian klik “Layout” => “Edit HTML”. Sebelum anda melakukan perubahan pada template anda, sebaiknya backup dulu template anda untuk berjaga-jaga jika nantinya terjadi kesalahan.

Sekarang pada bagian kode HTML template anda, gulung layar sampai ke bagian bawah kode template dan cari tag </body>. Buka kembali kode yang telah anda simpan tadi di Notepad atau MS Word. Copy kode tersebut kemudian paste tepat diatas tag </body> lalu SAVE TEMPLATE. Sebagai contoh seperti gambar dibawah.. Bagian yang  berwarna kuning adalah kode Google Analytics Tracking yang saya paste ke template saya.

 Langkah #3- Konfirmasi Google Analytics Tracking

Kembali ke dashboard Google Analytics Tracking. Pada kolom “Status” pada bagian Website Profil, anda akan melihat tanda seruan seperti ini: . Ini berarti bahwa segala sesuatunya belum bekerja sebagaimana mestinya karena anda belum memberitahukan pada Google Analytics bahwa anda baru saja menambahkan kode dari Google Analytics pada template anda. Pada dashboard klik link “edit”.

Setelah di klik. Akan muncul tampilan seperti berikut. Disitu terdapat tulisan “Tracking Not Installed” yang di ikuti link “Check Status”. Klik link “Check Status” tersebut untuk memberitahukan pada Google Analytics untuk berkunjung ke blog anda dan memeriksa kode Google Analytics yang telah anda paste pada template anda tadi.

Setelah itu akan terlihat sebuah pesan yang bertuliskan “Waiting for Data”, artinya anda telah menempatkan kodenya dengan benar dan data blog anda sedang di proses.

 

Terakhir, klik logo Google Analytics pada bagian atas layar untuk kembali ke halaman dashboard anda. Setelah itu klik link “View report”. Dengan begitu, data-data pengunjung anda akan segera ditampilkan.

Pada awal penerapan, biasanya data blog anda belum menunjukkan traffic apa-apa. Biasanya membutuhkan waktu beberapa saat sebelum data blog anda bisa ditampilkan di Google Analytics.

 Nah selamat mencoba…, Oleh karena saya sadari bahwa saya sebagai pemula yang masih harus banyak belajar, bagi yang sempat membaca artikel ini mohon masukannya yah…, Terima kasih.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 11:42 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf