lihat juga

Thursday, October 1, 2009

Mengapa setingan standar blog pada umumnya di beri tag no-follow

Mungkin jawaban singkatnya karena mesin pencari tidak menyukai SPAM. Biasanya blog yang do follow menjadi sasaran SPAMERS untuk untuk berkomentar agar mendapatkan backlink ke webnya..

Berikut adalah salah satu "saran" Google yang dikutip dari Official Blog-nya:

If you're a blogger (or a blog reader), you're painfully familiar with people who try to raise their own websites' search engine rankings by submitting linked blog comments like "Visit my discount pharmaceuticals site." This is called comment spam, we don't like it either, and we've been testing a new tag that blocks it. From now on, when Google sees the attribute (rel="nofollow") on hyperlinks, those links won't get any credit when we rank websites in our search results. This isn't a negative vote for the site where the comment was posted; it's just a way to make sure that spammers get no benefit from abusing public areas like blog comments, trackbacks, and referrer lists.

Dari kalimat tersebut kita bisa ambil kesimpulan bahwa Search Engine TIDAK menyukai SPAM, begitu pula kita. Tag no-follow adalah sebuah tindakan preventif yang bisa dilakukan untuk menghentikan usaha SPAMMING. Dengan adanya tag ini, maka link yang dianggap SPAM tersebut tidak akan dianggap oleh Mesin Pencari.

Nah…, apakah  dampak SPAM terhadap blog kita:

  1. Karena Search Engine tidak menyukai SPAM, maka Search Engine juga tidak menyukai Blog yang menjadi Gudang SPAM.
  2. Pagerank (untuk SE Google) juga akan berpengaruh (biasanya turun), mengingat jumlah halaman blog kita yang diindeks juga akan semakin sedikit.
  3. Mengganggu kenyamanan karena setiap saat disibukkan dengan "iklan" yang tidak kita mau.

Perlu dijelaskan anggapan yang menyatakan bahwa blog yang menggunakan atribut do follow kurang disukai Google. Sebenarnya bukan atribut tersebut yang tidak disukai, tapi karena banyaknya spam pada blog yang tidak disukai Google, sehingga ia enggan mengindeks blog tersebut. Nah untuk mengatasi hal ini kita bisa mengaktifkan Moderasi Komentar agar bisa menyaring komentar yang dianggap kurang relevant.

 Semoga bermanfaat…

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 10:55 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf