lihat juga

Saturday, October 24, 2009

Cara menggunakan Blogger for Word

Blogger for Word adalah add-in untuk Microsoft word yang digunakan untuk membuat, mengedit, menyimpan sebagai draft (save as draft) dan mempublikasikan (publish) tulisan blog langsung melalui Microsoft word. [untuk Windows XP atau 2000, dan Microsoft Word 2000 dan versi diatasnya]. Secara pribadi, saya kadang-kadang saja menggunakan Word untuk menulis blog. Untuk postingan pendek saya lebih suka menggunakan editor post pada Blogger, dan untuk postingan panjang saya mengunakan Notepad atau TextPad. Bagaimanapun text editor mudah digunakan. Kenyataannya banyak orang menggunakan Microsoft Word untuk menulis blog.


Klik di sini untuk download Blogger For Word


Cara menggunakan Blogger for Word:


Setting akun Blogger anda.

Sebelum memulai, pastikan setingan blog anda benar. Buka Microsoft Word. Klik tombol Blogger Setting pada toolbar dan masukkan username dan password blogger anda untuk untuk memvalidasi akun blogger anda. Beri tanda centang pada bagian checkboxes yang ingin anda aktifkan.


Mengedit postingan anda.

Tekan tombol Open Post pada toolbar Blogger for Word kemudian akan muncul tampilan daftar blog dan daftar postingan anda. Pada daftar menu drop-down, pilih blog yang memuat postingan yang ingin anda edit. Setelah memilih salah satu blog, daftar post pada blog tersebut akan ditampilkan. Tandai postingan tersebut, kemudian tekan tombol OK untuk membuka postingan dan mengeditnya pada Microsoft Word.


Menulis postingan blog anda.

Anda bisa langsung menulis untuk blog anda. Gunakan element-element edit pada Microsoft Word seperti bold, italics, underline dan hyperlinks sebagai bagian dari isi postingan blog anda. Anda juga bisa memasukkan kode HTML disitu.


Menekan tombol Save as Draft untuk menyimpan sebagai draft kalau belum ingin dipublikasikan.

Kalau anda ingin menyimpan tulisan anda tanpa dipublikasikan, tekan tombol Save as Draft. Jika sudah tersimpan, anda bisa melanjutkan menulis/edit tulisan tersebut pada bagian Open Post atau pada Edit Posts di menu Blogger anda.


Menekan tombol Publish Button untuk mempublikasikan tulisan anda.

Nah jika tulisan anda siap dipublikasikan pada blog anda, tekan tombol Publish Button.


Memberikan judul postingan, memilih blog untuk target publikasi dan menekan tombol Send.

Tekan kembali tombol Blogger Setting. Jika anda memberi centang pada Automatically generate a title for new posts, Blogger for Word akan memilih judul otomatis untuk postingan anda. Terserah anda mau menggunakan judul tersebut atau mengeditnya lagi untuk dijadikan judul postingan anda nantinya. Setelah itu pilih blog untuk dijadikan target publikasi. Jika anda memiliki lebih dari satu blog pada akun blogger anda, maka semua blog anda akan ditampilkan pada menu drop-down ini. Pilih salah satu dan tekan tombol Send untuk mempublikasikannya.


Menampilkan postingan yang telah anda publikasikan menggunakan Blogger for Word.

Setelah mempublikasikan tulisan anda menggunakan Blogger for Word, kunjungi blog anda untuk melihat hasilnya. Anda akan melihat postingan anda tersebut akan sama hasilnya dengan postingan anda yang lain yang telah anda edit di menu New Post pada blogger.


Semoga bermanfaat dan terima kasih...


ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 1:10 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf