SILABUS 2012
A. Identitas Mata Kuliah:
Nama Mata Kuliah : Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD)
Kode MK/SKS : UNP033/ 3 SKS
Jenjang Program : S1
Dosen Pembina : TIM
B. Standar Kompetensi:
Menjadikan mahasiswa menjadi ilmuan dan professional yang berfikir kritis, kreatif, sistemik dan ilmiah, berwawasan luas; etis, estetis; memiliki apresiasi, kepekaan dan empati sosial, bersikap demokratis, berkeadaban; menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan etos kerja , memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup, mempunyai wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah sosial, budaya dan lingkungan secara arif dalam konteks lokal, nasional, dan global
c. Prasyarat:
1. Prasyarat :
2. Syarat Lulus: a. Kehadiran kuliah mahasiswa minimal 80%.
b. Memperoleh nilai minimal D (gabungan nilai-nilai tugas, mid semester dan akhir semester)
D. Evaluasi:
Evaluasi perkuliahan ini terdiri dari:
1. Tugas-tugas diberi bobot 2
2. Ujian tengah semester diberi bobot 2
3. Ujian akhir semester diberi bobot 2
Nilai akhir (NA) diperoleh dengan menggunakan rumus: 2UAS + 2 UTS + 2 TGS
6
|
D. Pokok Bahasan
MG | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Karakter Bangsa |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
1 | Kemampuan memahami hakekat ISBD | Pengantar ISBD: a. Visi, misi dan tujuan ISBD b. Pengertian Ilmu-ilmu sosial, Ilmu-ilmu Budaya dan ISBD c. Fungsi Pendidikan Umum dan MBB di Perguruan Tinggi d. ISBD sebagai MBB dan pendidikan umum e. Hakekat dan ruang lingkup ISBD f. Proses Pembelajaran ISBD di Perguruan Tinggi g. ISBD sebagai alternatif pemecahan masalah sosial budaya h. Metode dan evaluasi pembelajaran ISBD | Mengenal ruang lingkup ISBD, mencatat bentuk perkuliahan, dan memahami metode pembelajaran dan evaluasi ISBD | 1. Cerdas 2. Jujur 3. Tangguh 4. Peduli |
2 3 | Kemampuan memahami hakekat manusia dan kebudayaan | Manusia dan kebudayaan: a. Pengertian budaya dan kebudayaan b. Fungsi akal budi bagi manusia c. Manusia sebagai pencipta dan pengguna kebudayaan d. Memanusiakan manusia melalui pemahaman konsep-konsep dasar manusia | Membaca sumber tentang hakekat manusia sebagai mahkluk budaya dan konsep-konsep dasar manusia dan implementasinya dalam kehidupan | 1. Cerdas 2. Jujur 3. Tangguh 4. Peduli |
e. Proses pembudayaan manusia dan perubahan kebudayaan i. Problematika kebudayaan bagi kehidupan manusia | Mengidentifikasi problematika kebudayaan, dan mencari kan solusi pemecahannya | | ||
4 5 | Kemampuan untuk menganalisis hakekat manusia dan peradaban | Manusia dan peradaban: a. Pengertian adab dan peradaban b. Manusia sebagai mahkluk beradab dan masyarakat adab c. Evolusi budaya dan tahapan peradaban | Membaca, dan membuat resume tentang manusia dan peradaban | 1. Cerdas 2. Jujur 3. Tangguh 4. Peduli |
d. Peradaban dan perubahan sosial e. wujud peradaban f. Tradisi, modernisasi dan masyarakat madani g. Prolematika peradaban bagi kehidupan manusia | Mengamati dan mengkritisi dinamika peradaban global serta problematikanya pada kehidupan manusia | | ||
6 7 8 | Kemampuan memahami hakekat manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial | Manusia sebagai individu dan mahkluk sosial: a. Pengertian manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial b. Fungsi dan peran manusia sebagai individu dan mahkluk sosial c. Hakekat masyarakat dan makna manusia sebagai makhluk sosial | Membaca buku atau artikel tentang hakekat manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial dan menulis resumenya untuk didiskusikan | 1. Cerdas 2. Jujur 3. Tangguh 4. Peduli |
d. Hak dan kewajiban individu dalam masyarakat e. Interaksi sosial memunculkan berbagai corak stereotip dan prasangka yang berakibat adanya diskriminasi | Membaca bahan tentang hak dan kewajib-an manusia sebagai makhluk individu dan masyarakat dan akibat interaksi sesamanya | 1. Cerdas 2. Jujur 3. Tangguh 4. Peduli | ||
f. Solusi tentang stereotip, prasangka dan diskriminasi g. Dilema antara kepentingan individu dan kepentingan sosial | Mengamati dilema antara kepentingan individu dan sosial, serta alternatif pemecahannya mealui diskusi | | ||
9 | Ujian Tengah Semester |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
10 11 12 | Kemampuan untuk memahami hakekat manusia, keragaman dan kesetaraan | Manusia, keragaman dan kesetaraan: a. Struktur masyarakat Indonesia yang majemuk dan dinamis ditandai keragaman suku bangsa dan agama b. Pengaruh keragaman terhadap berbagai pola kehidupan c. Setiap masyarakat mempunyai kebudayaan sebagai pedoman kehidupan warganegara | Mengamati dan mengapresiasi keragaman, kesetaraan dalam kehidupan sebagai pedoman hidup | 1. Cerdas 2. Jujur 3. Tangguh 4. Peduli |
d. Konsep “bhinneka tunggal ika” dalam kehidupan Bangsa Indonesia e. Kemajemukan dalam dinamika sosial budaya f. Struktur manusia Indonesia yang bersifat majemuk dan dinamis yang ditandai oleh keragaman suku bangsa dan agama | Mengamati dan mengapresiasi konsep Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan bangsa Indonesia | | ||
g. Keragaman dan kesetaraan sebagai kekayaaan sosial budaya bangsa j. Problematika keragaman dan solusinya dalam kehidupan masyarakat dan negara | Mengidentifikasi kasus-kasus tentang problematika keragaman dan alternatif solusinya | | ||
13 14 | Kemampuan untuk memahami hakekat manusia, nilai, moral dan hukum | Manusia, nilai, moral dan hukum: a. Pengertian nilai, moral dan hukum b. Fungsi nilai, moral dan hukum dalam kehidupan c. Proses terbentuknya nilai, moral dan hukum | Membaca dan membuat resume tentang manusia, nilai, moral dan hukum | 1. Cerdas 2. Jujur 3. Tangguh 4. Peduli |
d. Perwujudan nilai, moral dan hukum dalam kehidupan masyarakat dan negara e. Tuntutan dan sanksi moral serta hukum dalam masyarakat dan negara k. Problematika nilai, moral dan hukum dalam masyarakat dan negara | Mengidentifikasi kasus-kasus tentang problematika nilai, moral dan hukum dalam masyarakat dan negara serta alternatif solusinya | | ||
15 | Kemampuan untuk memahami hakekat Manusia, sains, teknologi dan seni | Manusia, sains, teknologi dan seni: a. Pengertian sains, teknologi dan seni b. Hubungan sains, teknologi dan seni c. Manusia sebagai subyek dan obyek ilmu pengetahuan, teknologi dasn seni (IPTEKS) d. Pembangunan dan perkembangan IPTEKS pada masyarakat yang beradab e. Dampak penyalahgunaan IPTEKS pada kehidupan sosial budaya f. Problematika pengembangan dan penggunaan IPTEKS di Indonesia. | Menganalisis kasus-kasus dampak penyalahgunaan IPTEKS pada kehidupan sosial dan budaya, serta problematika pengembangan IPTEKS | 1. Cerdas 2. Jujur 3. Tangguh 4. Peduli |
16 | Kemampuan untuk memahami hakekat dan makna lingkungan bagi manusia | Manusia dan lingkungan: a. Hakekat manusia sebagai subyek dan obyek lingkungan b. Pandangan manusia terhadap lingkungan c. Pengaruh timbal balik antara kondisi lingkungan alam dan lingkungan sosial budaya d. Masalah demografi dan pertumbuhan penduduk di Indonesia e. Kuantitas dan kualitas penduduk dalam hubungannya dengan kesejahteraan hidup manusia f. Problematika pembangunan lingkungan sosial budaya dan lingkungan alam pada masyarakat yang beradab | Mengamati, menganalisis fenomena manusia dan lingkungan dan menulis laporan misalnya dalam bentuk (makalah/ artikel, puisi, foto,lukisan, dll) | 1. Cerdas 2. Jujur 3. Tangguh 4. Peduli |
17 | Ujian Akhir Semester |
E. Referensi:
- Awan Muttaqim, 2004. Dinamika masyarakat Indonesia
- AW Wijaya.1985. Manusia Indonesia
- Carold C. Gould.1993. Demokrasi Ditinjau Kembali
- Herimanto dan Winarno, 2008. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar
- Koentjaraningrat.1985. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan
- K. Bertens.2000. Etika
- Munandar Sulaiman. 2001. Ilmu Budaya Dasar
- Nursyid Sumaatmaja.2001. Manusia dalam konteks sosial, budaya dan lingkungan
- Soejono Sukanto.1998. Sosiologi Suatu Pengantar
- Sutjipto Raharjo.2000. Sosiologi Hukum
- Syahidin. Makalah
- W. Poespoprodjo.1999. Filsafat Moral Kesusilaan Dalam Teori dan Praktek
F. Tagihan:
Perkuliahan ditutup dengan sebuah makalah tentang topik-topik Mata Kuliah ISBD yang ada pada silabus.
0 comments:
Post a Comment