SILABUS KELOMPOK MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN
MATA KULIAH : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
BOBOT / SKS : 3 (Tiga) Sks
Standar Kompetensi:
Menjadi ilmuan dan profesional yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air; demokratis yang berkeadaban; menjadi warga yang memiliki daya saing; berdisiplin, dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI | WAKTU | METODE PEMBELAJARAN | PENILAIAN |
Pengantar Perkuliahan 1. Mengantarkan mahasiswa sebagai peserta didik mampu mengusai filsafat Pancasila 2. Menumbuhkembangkan kesadaran mahasiswa sebagai peserta didik mampu memahami tujuan pembelajaran PKn | 1. Menjelaskan latar belakang filosofi a. Menjelaskan Pancasila sebagai dasar etika kehidupan berbangsa dan bernegara b. Menjelaskan cara membangun masyarakat demokrasi berkeadaban c. Menganalisis dasar nilai pedoman berkarya bagi lulusan di PT 2. Menjelaskan tujuan pembelajaran PKn | 1. Latar belakang filosofi a. Pancasila sebagai dasar etika kehidupan berbangsa dan bernegara b. Membangun masyarakat demokrasi berkeadaban c. Dasar nilai pedoman berkarya bagi lulusan di PT
| 1x pertemuan | § Ceramah bervariasi § Problem based learning § Inkuiri § CTL § Diskusi Kelompok | § Tes Verbal § Tes Objektif § Tes essy § Observasi |
Filsafat Pancasila 1. Mengantarkan mahasiswa sebagai peserta didik mampu memahami Pancasila sebagai system filsafat 2. Menumbuhkembangkan kesadaran mahasiswa sebagai peserta didik mampu memahami pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara | 1. Menjelaskan pengertian filsafat pancasila 2. Membedakan ciri-ciri berfikir secara filsafat 3. Menganalisis cabang-cabang filsafat 4. Menganalisis aliran-aliran filsafat 5. Menjelaskan Pancasila sebagai suatu sistem filsafat | 1. Pengertian filsafat 2. Ciri-ciri berfikir secara filsafat 3. Cabang-cabang dan aliran filsafat 4. Pancasila sebagai suatu system filsafat | 2x pertemuan | § Ceramah bervariasi § Problem based learning § Inkuiri § CTL § Diskusi Kelompok | § Tes Verbal § Tes Objektif § Tes essy § Observasi |
Identitas Nasional 1. Mengantarkan mahasiswa sebagai peserta didik mampu mengidentifikasi identitas nasional 2. Menumbuhkembangkan pola sikap dan pola pikir yang konfrehensif kepada mahasiswa sebagai peserta didik mampu menganalisis identitas nasional dan Konstitusi Indonesia | 1. 1. Menjelaskan identitas nasional 2. Menjelaskan sejarah kelahiran faham nasionalisme 3. Menjelaskan perbedaan hakekat bangsa dan Negara 4. Menganalisis identitas nasional sebagai karakter bangsa 5. Menjelaskan proses bangsa yang menegara 6. Menjelaskan konstitusi yang pernah ada di Indoesia | 1. Identitas nasional 2. Sejarah kelahiran faham nasionalisme 3. Perbedaan hakekat bangsa dan Negara 4. Identitas nasional sebagai karakter bangsa 5. Proses berbangsa bernegara 6. Sejarah lahir dan perkembangan konstitusi di Indonesia | 2x pertemuan | § Ceramah bervariasi § Problem based learning § Inkuiri § CTL § Diskusi Kelompok | § Tes Verbal § Tes Objektif § Tes essy § Observasi |
Hak dan Kewajiban Warga Negara 1. Mengantarkan mahasiswa sebagai peserta didik mampu memahami hak dan kewajiban warga Negara 2. Menumbuhkembangkan pola sikap dan pola pikir yang konfrehensif kepada mahasiswa sebagai peserta didik mampu menganalisis hak dan kewajiban WN. | 1. Menjelaskan pengertian konsep hak dan kewajiban warga Negara 2. Menjelaskan konsep bangsa 3. Menjelaskan konsep Negara 4. Menjelaskan warga Negara 5. Menganalisis materi undang-undang kewarganegaraan | 1. Pengertian konsep hak dan kewajiban warga Negara 2. Pengertian konsep hak dan kewajiban warga Negara menurut UUD 1945 3. Konsep bangsa,konsep Negara, konsep warga negara 4. Materi undang-undang kewarganegaraan | 2x pertemuan | § Ceramah bervariasi § Problem based learning § Inkuiri § CTL § Diskusi Kelompok | § Tes Verbal § Tes Objektif § Tes essy § Observasi |
Negara Hukum dan HAM 1. Mengantarkan mahasiswa sebagai peserta didik memiliki wawasan negara hukum 2. Menumbuhkembangkan kesadaran mahasiswa sebagai peserta didik akan pentingnya penegakan Negara hokum di Indonesia 3. Menumbuhkembangkan pola sikap dan pola pikir yang konfrehensif kepada mahasiswa sebagai peserta didik agar mampu berperan serta dalam menegakkan Negara hokum di Indonesia 4. Mengantarkan mahasiswa sebagai peserta didik memiliki konsep wawasan HAM 5. Menumbuhkembnagkan kesadaran mahasiswa sebagai peserta didik akan pentingnya penegakkan HAM di Indonesia 6. Menumbuhkembangkan kesadaran mhs sbg peser ta didik berperan serta dalam penegakkan HAM. | 1. Menjelaskan hakekat Negara hukum 2. Membedakan ciri-ciri Negara hukum 3. Menganalisis konsep Indonesia adalah Negara hukum 4. Menjelaskan politik hukum Indonesia 5. Menjelaskan hubungan Negara hukum dengan demokrasi 6. Menjelaskan hakikat HAM 7. Menjelaskan sejarah perkembangan HAM 8. Menganalisis HAM di Indonesia 9. Menganalisis HAM dan Demokrasi | 1. Hakekat Negara hukum 1. Cirri-ciri Negara hukum 2. Konsep Indonesia adalah Negara hukum 3. Politik hukum Indonesia 4. Hubungan Negara hukum dengan demokrasi 5. Hakikat HAM 6. Sejarah perkembangan HAM 7. HAM di Indonesia 8. HAM dan Demokrasi | 2x pertemuan | § Ceramah bervariasi § Problem based learning § Inkuiri § CTL § Diskusi Kelompok | § Tes Verbal § Tes Objektif § Tes essy Observasi |
Demokrasi dan Pendidikan Demokrasi 1. Mengantarkan mahasiswa sebagai peserta didik mampu memahami demokrasi dan pendidikan demokrasi 2. Menumbuhkembangkan pola sikap dan pola pikir yang konfrehensif kepada mahasiswa sebagai peserta didik mampu memahami demokrasi dan pendidikan demokrasi | 1. Menjelaskan pengertian demokrasi 1. Menjelaskan pengertian pendidikan demokrasi 2. Menjelaskan sejarah pertumbuhan demokrasi 3. Menganalisis teori dan konsep demokrasi 4. Menganalisis kaitan demokrasi dan bentuk pemerintahan 5. Menganalisis implementasi pendidikan demokrasi 6. Menganalisis esensi demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah | 1. Pengertian demokrasi 2. Pengertian pendidikan demokrasi 3. Sejarah pertumbuhan demokrasi 4. Teori dan konsep demokrasi 5. Kaitan demokrasi dan bentuk pemerintahan 6. Pola pend demokrasi 7. Implementasi pendidikan demokrasi 8. Esensi demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah | 2x pertemuan | § Ceramah bervariasi § Problem based learning § Inkuiri § CTL § Diskusi Kelompok | § Tes Verbal § Tes Objektif § Tes essy § Observasi |
Geopolitik Mengantarkan mahasiswa sebagai peserta didik memahami geopolitik Indonesia | 1. Menjelaskan konsep geopolitik 2. Menjelaskan teori-teori geopolitik Negara-negara besar 3. Menguraikan prinsip geopolitik Indonesia 4. Menguraikan wawasan nusantara 5. Menganalisis geopolitik Indonesia di era globalisasi | 1. Konsep Geopolitik 2. Hakekat Geopolitik 3. Geopolitik Indonesia 4. | 2x pertemuan | § Ceramah bervariasi § Problem based learning § Inkuiri § CTL § Diskusi Kelompok | § Tes Verbal § Tes Objektif § Tes essy § Observasi |
Geostrategi 1.Mengantarkan mahasiswa sebagai peserta didik memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara untuk bela Negara. 2. Mengantarkan mahasiswa sebagai peserta didik memiliki pola pikir dan pola sikap dan perilaku untuk cinta tanah air Indonesia 3. Menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara sehingga terbentuk daya tangkal sebagai Ketahanan Nasional | 1. Menjelaskan pengertian tentang ketahanan nasional 2. Menjelaskan hakekat ketahanan nasional 3. Menjelaskan sifat ketahanan nasional 4. Membandingkan empat konsep dasar ketahanan nasional 5. Menganalisis konsep asta gatra pengaruh mewujudkan ketahanan nasional 6. Menganalisis hubungan komponen strategi antar gatra | 1. Pengertian tentang ketahanan nasional 2. Hakekat ketahanan nasional 3. Sifat ketahanan nasional 4. Eempat konsep dasar ketahanan nasional 4. Konsep asta gatra berpengaruh dalam mewujudkan ketahanan nasional 5. Hubungan komponen strategi antar gatra | 2x pertemuan | § Ceramah bervariasi § Problem based learning § Inkuiri § CTL § Diskusi Kelompok | § Tes Verbal § Tes Objektif § Tes essy § Observasi |
Buku Sumber:
1. Azra, Azumardi (2003), Demokrasi, Hak Asasi Manusia & Masyarakat Madani, Jakarta, Prenada Media
2. Darmodiharjo, D. 1996. Penjelasan Nilai Pancasila Dalam SistemHukum Indonesia. Rajawali. Jakarta
3. Ermanaya, Suradinata.2001. Geopolitik dan Geostrategi Dalam Mewujudkan Integritas Negara Kesatuan Indonesia. Jakarta:Lemhanas
4. Ganeswara, Ganjar, M. Dkk. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: UPI Press.
5. Kaelan. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta:Paradigma
6. Lemhannas.2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Gramedia
7. --------------------.2001. Wawasan Nusantara sebagai landasan visional bangsa. Jakarta
8. Mansyur Hamdan. 2004. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jakarta: Bagian Proyek peningkatan tenaga medis, Ditjen ketenagaan.
9. Rahayu Minto. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan”perjuangan menghidupi jati diri bangsa” Jakarta: Grasindo
10. Udin S. Wiranataputra. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Masyarakat Demokrasi Berkeadaban: Materi SUSCADOSWAR di PT, Jakarta.
11. Zurmaini Yunus dkk. 2005. Buku Ajar: Filsafat Pancasila. UNP Press. Padang.
12. Ketetatapan MPR RI dan GBHN 1999 – 2004 dilengkapai amandemen UUD 1945
13. UU No. 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia
14. UU No. 26 tahun 2000 tentang Peadilan HAM
0 comments:
Post a Comment