Monday, November 19, 2012

Awas !! Domain yang Mengandung Keyword akan Terkena Sweeping Google

Awas !! Domain yang Mengandung Keyword akan Terkena Sweeping Google | Awas !! Domain yang Mengandung Keyword akan Terkena Sweeping Google.

Rasa Was-Was sepertinya datang menghinggapi para Blogger karena baru-baru ini mereka mengalami keadaan dimana blognya semua mengalami jumlah vistor yang anjlok bahkan banyak juga yang masuk sandbox padahal sebelumnya memiliki performa visitor yang bagus. Salah satu penyebabnya adalah perubahan algoritma mesin pencari Google yang memberlakukan aturan baru yauti mengenai “Exact Match Domain (EMD)”.

Exact Match Domain atau juga biasa disebut dengan istilah Keyword on Domain yaitu penamaan domain untuk blog/website berdasarkan kata kunci (keyword) tertentu contohnya penanaknasiotomatis.com, bajukoreamurah.com boybandgagal.com dan lain sebagainya. Nama-nama yang tadi saya sebutkan seperti contohnya boybandgagal merupakan keyword on domain yaitu kata kunci yang dijadikan nama domain. Kata kunci tersebut biasa didapatkan pada saat riset kata kunci menggunakan Google Adwords Keyword Tool.

Bagi para pakar SEO mungkin sudah tidak asing lagi untuk menggunakan Keyword on Domain, karena jika membeli domain yang mengandung kata kunci dan tidak banyak persaingannya maka kemungkinan nama domain tersebut akan muncul pada halaman pertama pada halaman hasil pencarian akan sangat besar. Maka itu penamaan kata kunci pada nama domain menjadi salah satu hal yang sering dilakukan oleh para praktisi SEO khususnya bagi yang juga melakukan bisnis berbasis online/internet karena jika persaingannya sangat sedikit hanya diperlukan waktu beberapa jam saja untuk menjadi top 10 dihalaman pertama hasil pencarian pada Google.

Namun sekarang kita harus berhati-hati karena Jika nama domain anda adalah Keyword on Domain tetapi konten yang ada di dalam website tersebut ternyata tidak bagus atau dengan kata lain memiliki bounce rate yang tinggi maka siap-siaplah blog/website anda dirazia oleh mbah Google.


Menurut Matt Cutts seperti yang dilihat pada tweet-nya khusus mengenai perubahan algoritma ini, menurutnya perubahan algoritma ini hanya berpengaruh sekitar 0,6% dari hasil pencarian dan tidak berhubungan dengan panda maupun pinguin. Namun hal pendapat tersebut tidak berlaku bagi seorang blogger bernama Ruzdee, menurutnya perubahan algoritma ini sangat terasa sekali dampaknya untuk sebagian besar blognya yang memiliki nama domain mengandung kata kunci. Ada beberapa yang traffiknya naik namun banyak juga yang anjlok,padahal hampir semua blog-blog tersebut merupakan authority site. Tidak menggunakan backlink macam-macam dan juga plugin yang macam-macam, tapi tetap saja terkena badai.

Seperti halnya Ruzdee dan juga blogger-blogger yang lain, mengharapkan bahwa badai Exact Match Domain ini hanya bersifat sementara saja dan tidak berlangusng secara permanen mengingat para blogger-blogger tersebut sudah membangun blog-blog mereka dengan jumlah yang tidak sedikit.

No comments:

Post a Comment