lihat juga

Thursday, July 19, 2012

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Puasa

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Puasa - Ramadhan telah tiba sambut hadirnya dengan hati penuh suka cita. inilah saat yang tepat untuk intropeksi diri dan membenahi diri agar lebih baik. Puasa adalah hari yang tepat untuk beribadah dan berbagi dengan sesama. Apa pun yang dikerjakan di bulan Puasa bisa menjadikan ibadah asalkan di niatkan untuk Lillahi Ta'ala. Lalu bagaimana cara menjaga kebugaran tubuh saat puasa agar tetap bisa beraktivitas seperti biasa? berikut ini kami akan memberikan beberapa tips ringan yang mungkin bisa anda gunakan jika ini bisa memberi manfaat.

Untuk Dapat beraktivitas seperti biasa atau tubuh membutuhkan energi yang banyak maka kita harus bisa menyediakan energi itu agar tubuh tidak menjadi lemah lunglai. Hal yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi sumber energi tinggi dari makanan yang kaya akan Karbohidrat dan Gula. Dipercaya secara medis dan ahli gizi bila sumber energi tertinggi itu berasal dari karbohidrat dan gula. Untuk itu saat makan sahur pastikan anda mengkonsumsi Nasi atau Roti, selain itu anda juga harus meminum minuman yang manis manis.

Setelah makan sahur pastikan anda tidak tidur lagi, karena bila anda tidur lagi setelah bangun tidur anda dipastikan akan haus dan tenggorokan kering. 

Hemat energi anda dengan melakukan tindakan atau kegiatan yang bermanfaat saja. Jangan membuang buang energi dengan kegiatan mubazir.

Sebisa mungkin beraktivitas di dalam ruangan saja agar tidak terlalu hidrasi. kalau tidak dapat di hindari maka yakinlah bahwa Allah beserta orang yang sabar.

Untuk memulihkan kembali energi yang terkuras saat siang hari, maka pada saat berbuka usahakan untuk konsumsi makanan dan minuman manis terlebih dahulu. Jangan langsung makan Nasi karena perut akan terkejut dan selanjutnya anda bisa mengantuk yang akhirnya anda akan mengantuk saat Shalat Tarawih datang.

Niatkan dan Yakinkan dalam Hati bahwa Allah SWT akan selalu menjaga anda disaat anda berpuasa. Anda harus yakin bahwa anda tidak akan mati karena puasa dari sebelum subuh hingga magrib datang.

Puasa akan memberi kesempatan pada lambung untuk beristirahat saat puasa, sehingga puasa juga bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Hindari makan pedas saat sahur maupun berbuka, untuk meredam panas dalam dan haus yang berlebihan.

Itulah beberapa tips Menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa. Semoga bermanfaat setidaknya ini adalah pengalaman dan bagi penulis sendiri. Jika ada yang ingin menambahkan silahkan berkomentar.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 3:28 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf