lihat juga

Monday, July 9, 2012

Temuan Investigasi Bridgestone Yang Bermasalah di Assen

Untuk menganalisis masalah yang terjadi pada ketiga pembalap saat bapalan Assen, maka Bridgestone mengirim ban ketika pembalap ke Technical Centre di Kodaira, Jepang.

Pembalap yang paling terimbas adalah Valentino Rossi yang harus melakukan pit stop untuk mengganti ban belakang baru saat balapan di Assen berlangsung, sementara itu Ben Spies kehilangan posisi podium setelah lepasnya bagian bannya.

Manajer Motorsport Tyre Development, Shinji Aoki, yang terlibat dalam proses investigasi memberikan penjelasan mengenai penyebab hal ini terjadi dan pencegahan apa yang diambil untuk menghindari kejadian serupa pada masa yang akan datang.

"Ada tiga pembalap yang memiliki masalah pada bahu kanan ban belakang mereka di Assen saat balapan. Potongan ban tersebut lepas karena kelebihan panas pada ban belakang. Untungnya tidak ada pembalap yang mengalami crash dan tekanan bagian dalam ban tetap normal."

"Ada beberapa faktor yang memberikan kontribusi pada peningkatan temperatur ban belakang di Assen. Dibandingkan dengan tahun lalu, temperatur lingkungan lebih tinggi, peningkatan kapasitas mesin MotoGP menjadi 1000cc juga meningkatkan torsi dan bobot mesin dan layout sirkuit juga berubah sehingga terjadi peningkatan catatan waktu. Jika faktor tersebut digabungkan dengan setup dan riding style tertentu, maka akan memberikan peningkatan panas yang berlebihan yang menyebabkan terjadinya perubahan perilaku ban secara tidak teratur."

Apakah kerusakan ban belakang disebabkan oleh cacat produksi?

"Semua ban melalui uji ekstensif termasuk simulasi pada uji khusus yang menggunakan drum yang berputar pada kecepatan tinggi untuk menguji ketahanan dan kelakuan operasional dari setiap ban. Analisis ini tentunya memperlihatkan bahwa tidak ada kesalahan produksi pada ban yang disediakan di Assen."

Bagaimana dengan Grand Prix Italia di Mugello setelah Sachsenring nanti?


"Analisis dari data yang didapatkan di Mugello menunjukkan bahwa sirkuit ini tidak berat pada ban, walaupun sebagai tindakan pencegahan kami akan memproduksi dan membawa ban slick belakang dengan konstruksi khusus."

Bagaimana Bridgestone melakukan pencegahan di masa yang akan datang?

"Bridgestone akan menganalisis kembali data dari setiap sirkuit dan menggunakan Assen sebagai pelajaran agar mempertimbangkan kebutuhan safety dan rating kekerasan ban untuk setiap sirkuit, kemudian memutuskan jika ada event tambahan yang juga membutuhkan ban dengan konstruksi khusus."

Pada tahun 2012 Bridgestone telah merubah konstruksi ban belakang agar tidak kaku. Apakah ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan temperatur ban?

"Tidak. Hal ini sudah dibuktikan pada kedua spesifikasi ban saat uji rolling drum. Konstruksi ban spesifikasi 2012 membuat performa meningkat lebih cepat saat pemanasan ban, namun perubahan konstruksi bukanlah faktor yang memicu peningkatan temperatur secara berlebihan yang menyebabkan masalah di Assen."

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 6:54 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf