lihat juga

Friday, July 6, 2012

Pengumuman Hasil SNMPTN Jalur Tertulis 2012


Berdasarkan data Kemendikbud, total pendaftar SNMPTN meningkat sebanyak 14% dari tahun sebelumnya. Pada 2011 total pendaftar sebanyak 540.953 peserta, sedangkan 2012 meningkat menjadi 618.804 peserta yang terdiri dari 570.771 pendaftar reguler dan 48.032 pendaftar program beasiswa Bidikmisi.

Panitia SNMPTN menambah daya tampung SNMPTN sebanyak 10% guna mengantisipasi melonjaknya peserta tersebut.

PTN yang berpartisipasi dalam SNMPTN yaitu 61 PTN dengan 2.340 program studi yang terdiri dari 54 PTN Kemdikbud dengan 2123 program studi dan tujuh PTN di bawah Kemenag dengan 217 program studi.

Koordinator Wilayah II Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Sudijono Sastroatmodjo menyatakan pengumuman hasil SNMPTN jalur tulis dimajukan pada 6 Juli 2012.


"Rencana semula, pengumuman dilakukan pada 7 Juli 2012. Namun, karena seluruh prosesnya sudah selesai. Daripada ditunda-tunda maka diajukan pada 6 Juli 2012, pukul 19.00 WIB," katanya di Semarang.

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) itu mengaku baru saja mengikuti rapat evaluasi pelaksanaan SNMPTN 2012 di Jakarta, salah satunya menyepakati pengumuman SNMPTN dimajukan dari jadwal semula.

Menurut Sudijono, pengumuman hasil SNMPTN tulis bisa dilakukan lebih awal, karena proses penilaian SNMPTN tulis ternyata selesai lebih cepat dari rencana, sehingga calon mahasiswa bisa segera mengetahui hasilnya.

"Prosesnya memang sudah selesai dan final, kenapa harus menunggu? Alasannya ya itu saja. Tentunya, lebih cepat diumumkan akan lebih baik, apalagi semua prosesnya memang sudah selesai," katanya.

Berkaitan dengan pengumuman SNMPTN tulis, dia mengimbau para pendaftar yang dinyatakan tidak lolos tidak perlu berkecil hati, sebab masih ada kesempatan masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur mandiri.

Untuk Unnes, kata dia, tahun ini menjaring mahasiswa baru melalui tiga jalur masuk, yakni SNMPTN, baik jalur undangan maupun tulis, serta jalur mandiri yang disebut Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU).

"Karena itu, bagi mereka yang tidak lolos SNMPTN undangan dan tulis jangan patah semangat, masih ada kesempatan lewat SPMU. Di PTN-PTN lain juga membuka jalur mandiri, sehingga masih terbuka kesempatan," katanya.

Demikian pula bagi mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi, kata Sudijono, tersedia 1.500 beasiswa Bidik Misi di Unnes yang dibagikan lewat tiga jalur masuk, yakni SNMPTN undangan, SNMPTN tulis, dan jalur mandiri.

Ketua Panitia Lokal 42 SNMPTN Semarang Hertanto Wahyu Subagyo juga membenarkan bahwa pengumuman hasil SNMPTN tulis dimajukan pada 6 Juli 2012 dari jadwal semula yang direncanakan pada 7 Juli 2012.

"Proses penilaian memang sudah selesai dilakukan, tidak ada masalah apapun. Semua berlangsung lebih cepat, sehingga hasilnya bisa diketahui lebih cepat," kata Pembantu Rektor I Universitas Diponegoro Semarang itu.

Data Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2012 :

Jumlah Peserta 618.804 peserta
Kursi yang diperebutkan 106.363 kursi
Jumlah PTN yang Berpartisipasi 61 PTN
Jumlah Program Studi 2.340

Sumber :
http://www.bisnis.com

Denaihati


ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 12:42 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf