lihat juga

Monday, July 2, 2012

Guareschi: Tidak Ada Mesin "Baru"

Masih ingat komentar Ezpeleta yang mengatakan bahwa Rossi akan menggunakan motor yang kompetitif pada tahun 2013? Davide Brivio langsung angkat bicara menanggapi perkataan CEO Dorna tersebut.

"Ketika dia tidak tahu apa lagi yang harus dikatakan, jadi dia menyebut nama Valentino Rossi dan berfikir bahwa masalahnya akan selesai. Publisitasnya itu meyakinkan."

Tentu Brivio tidak salah, demikian juga orang-orang selain Ezpeleta yang ingin melihat Rossi menunggangi motor yang kompetitif pada tahun depan. Berikut komentar dari manajer tim Ducati, Vittoriano Guareschi.

"Seperti yang kita tahu, dia (Ezpeleta) bisa saja bicara mengenai Ducati. Kami lebih dari yang lain, tentu ingin segera memiliki motor yang kompetitif."

Tentu saja pabrikan merah asal Italia ini bekerja keras untuk mencapai tujuan itu.

"Kami harus terus bekerja. Pekan lalu kami melakukan tes dengan Battaini di Mugello, tapi bukan berarti kami bekerja pada mesin baru ataupun mesin selain V-90°. Kita tidak perlu mengubah sudut untuk mengubah karakteristik mesin yang berbeda. Mesin tidak akan berubah drastis. Bahkan di Laguna Seca nanti pada esensinya adalah mesin yang sama, hanya ada beberapa modifikasi mekanis."

Dengan demikian, apapun bisa terjadi pada tahun 2013.

"Aku tidak tahu mengenai tahun depan. Aku hanya bisa bilang kalau kita akan melakukan uji coba pada hari senin setelah balapan Mugello, demikian juga setelah Brno. Tapi aku rasa tidak akan ada perubahan peraturan pada tahun depan. Menurunkan batas putaran mesin kami 1000 atau 2000 rpm akan membutuhkan desain ulang mesin yang menyeluruh dan hal itu sudah terlambat. Jika mereka ingin menghemat uang, lebih baik hilangkan peraturan pembatasan bahan bakar 21 liter. Karena pembatasan tersebut justru malah membuat kami menghabiskan banyak uang."

Seharusnya Dorna aware mengenai komentar seperti ini. Pembatasan bahan bakar menjadi 21 liter hanyalah menghemat beberapa liter saja, namun membuat para pabrikan melakukan riset ulang agar dengan bahan bakar yang hanya berjumlah 21 liter tetap bisa mendapatkan tenaga yang sama seperti sebelumnya.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 5:28 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf