CONTOH RPP BERKARAKTER : IPS SMP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : ...................................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan kehidupan pada masa Pra Aksara di Indonesia.
Alokasi Waktu : 8 X 40 Menit (4 kali pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran Siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian masa Pra Aksara
2. Mennjelaskankan kurun waktu masa Pra Aksara
3. Menyebutkan jenis-jenis manusia purba di indonesia
4. Mengidentifikasi jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra Aksara
5. Menjelaskan perkembangan kehidupan pada masa Pra Aksara
6. Menyebutkan peralatan kehidupan yang dipergunakan pada masa Pra Aksara
7. Menjelaskan pembagian zaman berdasarkan hasil kebudayaan yang ditinggalkan pada masa pra aksara.
8. Mengidentifikasi peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa Pra Aksara
9. Menjelaskan asal usul kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia ke Nusantara
10. Melacak pada peta tempat-tempat persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian dan kurun waktu masa Pra Aksara
2. Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra Aksara
3. Perkembangan kehidupan pada masa Pra Aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan
4. Peniggalan-peninggalan kebudayaan pada masa Pra Aksara
5. Kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Diskusi
2. Tanya Jawab
3. Ceramah
4. Tugas
5. Cooperative learning
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama Dan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
• Apersepsi : Memberi pertanyaan tentang asal usul manusia
• Motivasi : dijelaskan pentingnya mempelajari manusia yang hidup pada masa Pra Aksara
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Menjelaskan pengertian masa Pra Aksara
Mennjelaskankan kurun waktu masa Pra Aksara
Menyebutkan jenis-jenis manusia purba di indonesia
Mengidentifikasi jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra Aksara
Menjelaskan perkembangan kehidupan pada masa Pra Aksara
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Mengarahkan siswa untuk mendiskusikan tentang pengertian dan kurun waktu masa Pra Aksara
Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok, maksimal 5 orang untuk mendiskusikan pengertian tentang :
1. pengertian pra aksara
2. pembagian kurun waktu masa pra aksara
3. jenis jenis manusia purba di Indonesia
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan kelompok lain agar memberikan tanggapan
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
memberikan tugas rumah (tugas kelompok) untuk mengumpulkan gambar manusia masa Pra Aksara dan peninggalan kebudayaannya di Indonesia dan dikelompokkan seusia dengan kurun waktu
Pertemuan Ketiga dan keempat
1. Penadahuluan
Apersepsi : Menampilkan jenis-jenis manusia purba dari hasil tugas siswa
Motivasi : Memberikan gambaran kehidupan modern dengan kemajuan ilmu dan teknologi.
2. Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Menjelaskan dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok, tiap kelompok 5 orang
setiap kelompok menerima 5 buah kartu soal, kemudian dibagikan kepada masing-masing anggota kelompok.
Masing-masing kartu soal berisi pertanyaan yang berbeda;
1. kartu 1 : jelaskan perkembangan kehidupan pada masa pra aksara
2. kartu 2 : sebutkan peralatan yang dipergunakan manusia pada masa pra aksara.
3. kartu 3 : jelaskan pembagian zaman berdasarkan hasil kebudayaan yang ditinggalkan.
4. kartu 4 : identifikasikan hasil-hasil peninggalan kebudayaan masa pra aksara.
5. kartu 5 : jelaskan asal usul nenek moyang bangsa indonesia.
Siswa yang mendapat kartu yang nomornya sama berkumpul mendiskusikan dan merumuskan permasalahan tersebut.
Siswa kembali ke kelompoknya semula untuk mempresentasikan hasil diskusinya dari kelompok ahli.
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
membantu menyelesaikan masalah;
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Memberikan tugas rumah (tugas individu) membuat peta kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa indonesia di nusantara dan dikumpulkan minggu berikutnya.
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku Sejarah IPS KTSP .
2. Atlas Sejarah
3. Peta
4. Gambar-gambar fosil, artefak
5. Globe
F. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
• Menjelaskan pengertian dan kurun waktu masa pra –aksara
• Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara
• Mendeskripsikan perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.
• Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
• Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan Tes Uraian
Tugas rumah
Tes Uraian
Tes pilihan ganda
Tugas rumah Jelaskan pengertian masa pra aksara.
Kumpulkan gambar manusia purba dan peninggalan kebudayaannya serta kelompokkan sesuai kurun waktunya kemudian buatlah tampilannya secara berkelompok
Jelaskan perkembangan kehidupan pada masa pra aksara dan berilah contoh-contoh peralatan kehidupan yang dipergunakan.
Peninggalan budaya Megalithikum diantaranya ialah ....
a.menhir dan dolmen
b.nekara dan menhir
c.sarkopagus dan dolmen
d.kapak lonjong dan moko
Gaya dan cara hidup manusia purba tentu berbeda dengan manusia sekarang. Cara hidup
manusia purba yang paling awal adalah.....
a. Berburu dan meramu
b. Meramu dan berladang
c. Berladang dan beternak
d. Beternak dan bertani
adanya kebudayaan abris sous roche adalah bukti bahwa manusia purba.......
a. bertempat tinggal tetap
b. bertempat tinggal sementara
c. berpindah-pindah ketempat subur
d. hidup berkelompok ditepi-tepi danau
Pendukung kebudayaan Kjokkenmoddinger adalah jenis.....
a. Megantthropus paleojavanicus
b. Pithecantropus Erectus
c. Homo Soloensis
d. Homo sapiens
Kapak yang banyak berfungsi untuk kegiatan pertanian adalah.....
a. Perimbas
b. Penetak
c. Lonjong
d. Persegi
Moko (nekara kecil) adalah bentuk peninggalan budaya jaman logam yang ditemukan di....
a. Jawa
b. Bali
c. Alor
d. Maluku
Buatlah peta kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara!
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................
( …………………………………. )
NIP/NIK : ...................................... ……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel IPS,
( …………………………………. )
NIP/NIK : ......................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ...................................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami kehidupan sosial manusia
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendiskripsikan interaksi sebagai proses sosial
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajarfan, siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian interaksi sosial
2. Menjelaskan pengertian proses sosial
3. Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan terdekat
4. Membedakan antara interaksi sosial dan proses sosial
5. Menyebutkan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan social
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI PEMBELAJARAN :
1. Pengertian interaksi sosial
2. Pengertian proses sosial
3. Kaitan interaksi sosial dan proses sosial dalam kehidupan sehari-hari
4. Perbedaan interaksi sosial dan proses sosial
5. Pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan social
C. METODE PEMBELAJARAN :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inquiry
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi / pengamatan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan I :
a. Pendahuluan
~ Apersepsi : Siswa memilih kawan yang memiliki hobi berbeda
~ Motivasi : Ditampilkan gambar keluarga kecil
b. Kegiatan Inti :
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Menjelaskan pengertian interaksi sosial
Menjelaskan pengertian proses sosial
Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan terdekat
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Siswa dibagi menjadi 2 kelompok besar, tiap kelompok besar dibagi menjadi 3 kelompok kecil beranggotakan 5 – 7 anak.
Kelompok besar I: Memperagakan interaksi dua arah melalui alat komunikasi
Kelompok besar II : Memperagakan proses interaksi dengan cara berdialog.
Setiap kelompok melakukan diskusi :
Kelompok besar I :
a. Mendiskusikan manfaat alat komunikasi, misal HP.
b. mendiskusikan tata cara / performent dalam berkomunikasi,
c. mendiskusikan berbagai kemungkinan akibat penggunaan alat komunikasi.
Kelompok besar II :
a. Mendiksusikan manfaat berdialog
b. mendiskusikan tata cara / performent dalam berdialog
c. mendiskusikan kelebihan dan kelemahan interaksi dialog.
Setiap kelompok membuat hasil laporan dari diskusi kelompok
Setiap kelompok besar mewakilkan salah satu kelompok kecil yang disepakati untuk mempresentasikan.
Kelompok lain menanggapi/tanya jawab.
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Siswa mengungkapkan kelebihan dan kekurangan interaksi dengan menggunakan alat komunikasi maupun dengan cara dialog.
Pertemuan II :
a. Pendahuluan
1. Apersepsi : Siswa mengadakan simulasi tentang rapat organisasi
2. Motivasi : Ditampilkan gambar suasana rapat reorganisasi
b. Kegiatan Inti :
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Siswa dibagi menjadi 2 kelompok besar, tiap kelompok besar dibagi menjadi 3 kelompok kecil beranggotakan 5 -7 orang
Kelompok I : mendiskusikan pengertian interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.
Kelompok II : mendiskusikan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial
Kelompok I :
1. Pengertian interaksi sosial,
2. Keselarasan sosial
3. Hubungan antara interaksi sosial dengan keselarasan sosial
Kelompok II :
a. Berbagai penyebab interaksi sosial
b. Berbagai bentuk interaksi sosial
c. Berbagai pengaruh sebab akibat interaaksi sosial.
d. Setiap kelompok membuat hasil laporan dari diskusi kelompok
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan dan kelompok lain memberikan tanggapan
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
membantu menyelesaikan masalah;
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN:
1. Pelajaran Pengetahuan Sosial Kelas VII,
2. Gambar keluarga kecil
3. Alat komunikasi/HP
F. PENILAIAN :
Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian
Teknik Bentuk Instrumen Instrumen
• Menjelaskan pengertian interaksi sosial.
• Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial.
• Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.
Tes tulis
Portofolio
Tes uraian
Rubrik
Jelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
Jelaskan kaitan interaksi sosial dengan proses sosial!
Jelaskan pengertian interaksi sosial
Interaksi terjadi dalam tiga pola. Sebut dan jelaskan!
Mengapa orang atau individu melakukan interaksi sosial
Sebutkan tujuan interaksi sosial
mengapa reaksi seseorang terhadap riasan orang lain sudah dapat dikatakan sebagai
interaksi sosial
Buatlah kliping yang terdiri dari 5 peristiwa proses assosiatif dan 5 proses dissosiatif dari surat kabar atau tabloid.
Penilaian :
No Nama Proses
Interaksi Diskusi Lap.Diskusi Presentasi Tanya Jawab
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................
( …………………………………. )
NIP/NIK : ...................................... ……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel IPS,
( …………………………………. )
NIP/NIK : ......................................
No comments:
Post a Comment