Thursday, August 25, 2011

Brembo: "Indy Cukup Lambat dan Ringan Dalam Pengereman"





Indianapolis Motor Speedway terkenal dengan layout yang sempit dan lambat dimana balapan berjalan berlawanan arah jarum jam. Belakangan dilakukan pengaspalan ulang di sirkuit sepanjang 4.216 meter ini dan trek ini tidak terlalu memberatkan pekerjaan sistem pengereman, oleh sebab itu Brembo mengklasifikasikan sirkuit ini dalam kategori ringan.



Pengereman paling berat yaitu pada saat menjelang tikungan 1, dimana setelah para pembalap MotoGP melahap trek lurus, mereka melambat dari kecepatan 325 km/jam hingga kecepatan 165 km/jam hanya dalam jarak 300 meter. Pada tahun 2010 yang lalu, Ben Spies tampil gemilang merebut pole position dengan menggunakan Yamaha M1 dengan catatan waktu 1'40,105"




Berikut data untuk setiap zona pengereman:





Zona Pengereman 01


Kecepatan awal: 325 km/jam

Kecepatan akhir: 165 km/jam

Jarak pengereman: 298 meter

Waktu pengereman: 5,0 detik



Zona Pengereman 02


Kecepatan awal: 165 km/jam

Kecepatan akhir: 100 km/jam

Jarak pengereman: 80 meter

Waktu pengereman: 1,9 detik



Zona Pengereman 03


Kecepatan awal: 235 km/jam

Kecepatan akhir: 120 km/jam

Jarak pengereman: 157 meter

Waktu pengereman: 3,8 detik



Zona Pengereman 04


Kecepatan awal: 155 km/jam

Kecepatan akhir: 90 km/jam

Jarak pengereman: 75 meter

Waktu pengereman: 2,0 detik



Zona Pengereman 05


Kecepatan awal: 265 km/jam

Kecepatan akhir: 105 km/jam

Jarak pengereman: 203 meter

Waktu pengereman: 4,7 detik



Zona Pengereman 06


Kecepatan awal: 207 km/jam

Kecepatan akhir: 130 km/jam

Jarak pengereman: 100 meter

Waktu pengereman: 2,2 detik



Zona Pengereman 07


Kecepatan awal: 175 km/jam

Kecepatan akhir: 105 km/jam

Jarak pengereman: 88 meter

Waktu pengereman: 1,3 detik



Rata-rata waktu yang dihabiskan untuk pengereman adalah sekitar 20%.



No comments:

Post a Comment