lihat juga

Sunday, November 15, 2009

Mencegah Spam pada Blog

spam, spammers, spaming, Google analytics, blog, blogger, blogger directory, blogspot, copy paste, do follow, do follow blog, do follow me, HTML, info, membuat blog, meta tag, pemula, script blogger, SEO, Tutorial Blog

Wah baru kali ini saya posting tentang spam. Sebenarnya saya enggan menulis tentang hal ini dalam blog ini, tapi setelah saya pikir-pikir sepertinya penting juga. mohon masukkannya yah.

walaupun tekhnologi anti spam semakin maju, spam tetap saja menjadi permasalahan. Itu tidaklah mengherankan sebab seiring kemajuan tekhnologi anti spam, spammer juga tidak ada hentinya meningkatkan tehnik serta tekhnologi yang mereka gunakan. Sebagai seorang blogger kita perlu tahu bagaimana meminimalisir efek dari spam. Berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat anda lakukan untuk mengurangi spam, baik di komentar blog maupun email.

Gunakan email terpisah untuk menambahkan komentar pada suatu blog
Kecuali jika Anda yakin bahwa blog yang akan anda berikan komentar tidak melakukan spamming. Tapi jika tidak, maka akan lebih aman untuk menggunakan email alias dari pada menggunakan alamat email pribadi atau kantor anda. Anda bisa menggunakan gmail untuk komentar pada suatu blog karena gmail mendukung alamat email alias tersebut. Menurut gmail dengan menggunakan alias alamat, anda bisa "mengatur filter untuk secara otomatis mengarahkan pesan-pesan tersebut ke Tong Sampah, menerapkan label atau bintang, lewati kotak masuk, atau forward ke account email yang lain." Gunakan alamat alias yang berbeda untuk setiap blog yang anda komentari sehingga Anda akan tahu blog mana yang mengirimkan anda suatu pesan. Misalnya menggunakan alamat email alias seperti namaanda+namablog@gmail.com.

Memblok IP spammer
Khusus bagi anda yang mempunyai akses untuk mengedit file-file php yang ada didalam theme yang anda gunakan, anda bisa memblok IP yang sudah sering nyepam kita dan akan merdirectnya ke situs lain yg anda inginkan.
Caranya dengan mengedit file “header.php” lalu masukan kode javascript di bawah ini, letakan setelah tag <head>


<script type="text/javascript">

// Block IP address script- By Aspirasiputih.totalh.com (http://aspirasiputih.totalh.com)

//Masukan beberapa IP langganan dengan pemisah tanda koma:
var bannedips=["IP ya dsini", "IP lainnya jg dsni"]

var ip = '<!--#echo var="REMOTE_ADDR"-->'

var handleips=bannedips.join("|")
handleips=new RegExp(handleips, "i")

if (ip.search(handleips)!=-1){
alert("Sorry om..IP nya di banned..kesini aj yah.,")
window.location.replace("http://www.phonerotica.com")
}

</script>


Gunakan verifikasi kata
CAPTCHA adalah cara yang sangat baik untuk mencegah spam otomatis. Walaupun kadang-kadang pembaca malas untuk mengetikkan kodenya ketika berkomentar, tapi saya yakin mereka akan mengerti.

Masih banyak cara lain mencegah spam, tapi mungkin nanti akan saya tampilkan ada kesempatan berikutnya. Terima kasih

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 3:33 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf