lihat juga

Wednesday, May 1, 2013

Untuk Keempat Kalinya, Final Liga Champions Pertemukan Dua Tim Senegara

 
Jakarta - Spanyol, Italia, dan Inggris pernah mengirim dua wakilnya untuk saling berhadapan di final Liga Champions. Musim ini giliran Jerman.

Borussia Dortmund dan Bayern Munich dipastikan berhadapan di final Liga Champions musim ini setelah sama-sama sukses mengatasi klub Spanyol yang menjadi lawannya masing-masing di semifinal.

Dortmund maju ke final, yang akan dihelat di Wembley pada 25 Mei depan, dengan menyisihkan Real Madrid dengan agregat 4-3, sedangkan Bayern lolos usai menyingkirkan Barcelona dengan agregat telak 7-0.

Sejak Piala/Liga Champions kali pertama dihelat tahun 1955/1956, baru kali ini dua klub Jerman saling berhadapan di partai puncak.

Der Klassiker antara Dortmund dengan Bayern kali ini juga tercatat sebagai keempat kalinya ada dua tim dari satu negara berduel berebut piala di final Piala/Liga Champions.

Partai antara dua klub Spanyol, Real Madrid dan Valencia, tahun 1999-2000 menjadi final pertama yang mempertemukan dua klub senegara. Madrid saat itu menang 3-0 atas Valencia.

Kesempatan kedua terjadi pada 2002-03, ketika AC Milan berjumpa rivalnya di Italia, Juventus. Saat itu Milan mengalahkan Juve dalam adu penalti.

Kali ketiga dua tim dari satu negara berhadapan adalah di musim 2007-08, saat Manchester United mengalahkan Chelsea dalam adu penalti, dalam sebuah final antara dua klub Inggris.

Munculnya kecenderungan partai final diisi oleh dua tim dari satu negara ini tidak lepas dari berubahnya peraturan Piala/Liga Champions sejak 1997, yang membuat jumlah peserta bertambah karena satu negara bisa memiliki lebih dari satu wakil. Sebelumnya ajang itu cuma bisa diikuti oleh tim juara bertahan musim sebelumnya dan kampiun dari kompetisi liga.


(detik.com)

ads

Ditulis Oleh : erhan ahong Hari: 10:11 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf