lihat juga

Friday, May 3, 2013

MotoGP Spanyol dalam Angka

 
Jakarta - Akhir pekan ini balapan MotoGP akan memasuki seri ketiga. Setelah Losail dan Austin, kali ini giliran Jerez yang akan menjadi medan adu cepat.

Berikut adalah MotoGP Spanyol dalam angka, seperti yang dilansir oleh situs resmi MotoGP:

26 - Jorge Lorenzo merayakan ulang tahun ke-26 tepat saat kualifikasi MotoGP Spanyol dilaksanakan--4 Mei.

11 - Saat balapan dilangsungkan akhir pekan ini, tepat 11 tahun sebelumnya Jorge Lorenzo mencatatkan debut Grand Prix di kelas 125cc pada MotoGP Spanyol di 2002, sehari setelah merayakan ulang tahun ke-15.

Dalam debutnya itu Lorenzo tidak diizinkan ambil bagian dalam sesi latihan hari pertama karena belum mencapai usia minimal--saat itu 15 tahun.

8 - Delapan dari sembilan podium dalam tiga kelas di Austin lalu diisi oleh pebalap Spanyol. Ini adalah jumlah podium terbanyak yang dicatatkan oleh pebalap Spanyol dalam satu Grand Prix.

Mika Kallio tercatat menjadi satu-satunya pebalap non-Spanyol yang bisa naik podium, dengan finis ketiga di balapan Moto2.

Kali terakhir satu negara bisa memiliki delapan pebalapnya di atas podium di tiga kelas, dalam sebuah Grand Prix yang tidak diboikot oleh pebalap top, adalah di Suzuka tahun 2000 silam, ketika pebalap tuan rumah menempati delapan dari total sembilan podium yang ada.

Saat itu Kenny Roberts Jr merupakan satu-satunya pebalap non-Jepang yang bisa naik podium, dengan finis kedua di kelas 500cc.

3 - Di Austin, tiga pebalap di podium MotoGP berasal dari Spanyol (Marc Marquez, Dani Pedrosa and Jorge Lorenzo).

Dalam 65 tahun sejarah balapan Grand Prix, itu menjadi kesempatan kedua podium diisi seluruhnya oleh rider Spanyol; kali lain itu terjadi di Motegi tahun lalu (Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan Alvaro Bautista).

3 - Tiga pemenang di Austin lalu merupakan pemenang pertama di kelasnya masing-masing. Kali terakhir itu terjadi di Swedia 1982 silam, dengan tiga pemenangnya adalah Ivan Palazzese (125cc), Roland Freymond (250cc), dan Takazumi Katayama (500cc).

(detik.com)

ads

Ditulis Oleh : erhan ahong Hari: 12:20 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf