lihat juga

Wednesday, May 1, 2013

Laga Final Dortmund di Wembley Jadi 'Partai Perpisahan' untuk Siapa Saja?

 
Jakarta - Borussia Dortmund masuk final Liga Champions lagi usai 16 tahun berselang. Momen istimewa itu mungkin akan bertambah spesial karena partai puncak nanti juga bisa jadi ajang perpisahan untuk satu atau justru beberapa pemainnya.

Dortmund maju ke final setelah sukses menyingkirkan Real Madrid di semifinal Liga Champions dengan keunggulan agregat 4-3, berkat kemenangan 4-1 di laga leg I dan kemudian kalah 0-2 di leg II, Rabu (1/5/2013) dinihari WIB.

'Die Borussen' kini menanti lawan untuk laga final di Wembley pada 25 Mei mendatang, antara Bayern Munich yang adalah rivalnya di Bundesliga atau Barcelona yang kebetulan juga merupakan rival dari Madrid di Spanyol.

Siapapun lawan Dortmund di Wembley nanti, capaian ini sudah sedemikian spesial mengingat kali pertama, sekaligus kali terakhir, mereka lolos ke final sebelum ini adalah 1996/1997 lalu--Dortmund menjadi juara dengan mengalahkan Juventus.

Partai final itu tampaknya juga akan semakin istimewa untuk pemain seperti Mario Goetze. Mengingat bahwa musim depan ia akan berkemas ke Bayern Munich, ini akan menjadi kesempatan terakhirnya mempersembahkan gelar buat Dortmund. Tetapi, belum diketahui apakah Goetze akan bermain di final nanti mengingat ia terlihat mendapat cedera di laga leg II lawan Madrid.

Menilik pengalaman Dortmund dalam beberapa musim sebelumnya dan situasi saat ini, partai final di Wembley nanti boleh jadi takkan cuma jadi perpisahan buat Goetze saja.

Selama dua musim terakhir, Dortmund "berani" melepaskan pemain-pemain muda potensial yang sebelumnya terbilang memainkan peranan cukup penting di timnya. Dua musim lalu ada Nuri Sahin (24 tahun) yang dilego ke Real Madrid--meski kini sedang dipinjamkan balik ke Dortmund--dan musim lalu ada Shinji Kagawa (24 tahun) yang hijrah ke Manchester United.

Untuk musim panas nanti, meskipun baru Goetze yang dipastikan pergi, spekulasi sudah menyeret sederet nama pemain Dortmund lainnya.

Nama pertama adalah penyerang andalan Dortmund Robert Lewandowski. Pemain asal Polandia berusia 24 tahun tersebut sejauh ini sudah dihubungkan dengan Bayern Munich dan Manchester United.

Bild juga sempat mengklaim bahwa Jose Mourinho sudah mengirim pesan singkat kepada Lewandowski, yang kontraknya di Dortmund berakhir 2014 mendatang, untuk bergabung dengannya di Chelsea musim depan.

Kemudian ada nama Mats Hummels. Spekulasi mengenai masa depan bek internasional Jerman berusia 24 tahun tersebut sudah berhembus tak kalah kencang, bahkan sedari bulan Januari lalu. Hummels setidaknya telah dikaitkan dengan Juventus, Barcelona, Arsenal, dan Manchester United.

"Setiap pesepakbola ambisius selalu punya klub-klub top Eropa dalam benaknya di mana ia bisa berandai-andai bermain di sana. Beberapa klub ini adalah Real Madrid, FC Barcelona atau Manchester United. Tapi itu tak berarti mereka (Dortmund) akan mentransfernya ke sana," kata ayah Hummels suatu waktu dalam mengomentari rumor itu, seperti dilansir Give Me Football.

Marco Reus, pemain yang sebenarnya baru direkrut Dortmund dari Borussia Mnchengladbach musim panas lalu, juga sudah dihubungkan dengan klub lain. Pemain Jerman berusia 23 tahun yang pernah membela Dortmund ketika masih berstatus pemain junior tersebut konon sedang diminati Manchester City.

Dari kabar yang beredar, City sudah menyiapkan tidak kurang dari 30 juta poundsterling buat Reus. Iming-iming gaji tinggi, sekitar 60 ribu poundseterling--kira-kira dua kali lipat gajinya di Dortmund, juga siap ditawarkan ke Reus. Sebelum ini ia juga pernah dihubungkan dengan Chelsea, kendatipun sejauh ini klub London itu belum memperlihatkan minat tegas.

Selain Reus, City juga sudah dikaitkan dengan Sven Bender, gelandang Dortmund yang berusia 24 tahun, dan juga pemain bertahan Neven Subotic (24 tahun). Disebut Express.co.uk, dua pemain itu juga sudah mengundang minat dari Manchester United.

Terakhir, menyembul nama Ilkay Guendogan yang terus mencuri perhatian sejak direkrut Dortmund dari Nuremberg tahun 2011 lalu, kendati pemain Jerman berusia 22 tahun itu sudah pernah menepis rumor tentang masa depannya.

"Saya 100% yakin akan tetap bertahan di Dortmund musim depan. Aku masih punya kontrak dua tahun dengan Dortmund dan aku tahu apa yang aku miliki di klub luar biasa ini. Sangat mungkin aku akan teken kontrak baru meskipun jelas itu tergantung pada proses pembahasan," jelasnya di Sports Mole pertengahan April lalu.

Melihat keputusan Dortmund yang tidak segan melepas Sahin, Kagawa, dan kemudian Goetze, sepertinya takkan jadi kejutan jika salah satu pemain andalannya kembali akan segera dilepas.

Bukan cuma pemain, masa depan pelatih Juergen Klopp pun mulai diselubungi rumor. Dengan kemampuannya dalam meracik taktik, mengatur pemain, dan berhubungan dengan media, ada yang membanding-bandingkan Klopp dengan Jose Mourinho. Real Madrid, yang diprediksi akan berpisah dengan Mourinho musim panas nanti, pun sudah dikabarkan siap mendekati Klopp.

Selain itu, Klopp juga dikaitkan dengan Arsenal, seandainya nanti Arsene Wenger memang angkat kaki untuk kemudian pergi ke Paris Saint-Germain.

Dengan situasi tersebut, untuk Dortmund final Liga Champions nanti tampaknya bukan cuma jadi laga pamungkas saja melainkan juga benar-benar bisa menjadi "partai perpisahan", entah buat Goetze seorang, juga untuk sejumlah pemain lain, atau malah sekaligus Klopp.


(detik.com)

ads

Ditulis Oleh : erhan ahong Hari: 2:11 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf