lihat juga

Thursday, May 2, 2013

Kans Barca Menggelar Pesta Juara di Camp Nou

 
Jakarta - Barcelona dan Real Madrid sama-sama baru menelan kekecewaan di Liga Champions. Tapi gelar juara La Liga bisa jadi pelipur lara dan untuk Barca ada peluang titel bisa diamankan pada akhir pekan.

Laju Barca dan Madrid di Liga Champions harus terhenti di babak semifinal setelah keduanya bertekuk lutut dari dua klub Jerman, Bayern Munich dan Borussia Dortmund.

Untuk Barca, hal itu berarti mereka kini mau tak mau harus fokus total ke La Liga, di mana mereka berada di posisi amat bagus untuk menjuarainya. Sementara Madrid, dengan peluang juara yang sudah amat tipis di La Liga, masih punya final Copa del Rey lawan Atletico Madrid pada 17 Mei mendatang.

Akhir pekan lalu, Barca sejatinya punya peluang untuk menyudahi persaingan berebut gelar La Liga musim ini. Namun, hasil imbang atas Athletic Bilbao dan kemenangan Madrid dari Atletico Madrid membuat pesta juara harus tertunda.

Menjelang jornada 34, peluang itu kembali hadir. Dengan lima liga tersisa, Barca kini punya 85 poin, unggul 11 angka dari Madrid yang ada di posisi dua dengan 74 poin--poin maksimal Madrid adalah 89 poin.

Artinya, jika akhir pekan ini Madrid tidak kuasa menang--kalah atau imbang--atas Real Valladolid di Santiago Bernabeu, Minggu (5/5/2013) dinihari WIB, dan sebaliknya Barca mengalahkan Real Betis di Camp Nou sehari setelah itu, Senin (6/5) dinihari WIB, maka gelar juara La Liga musim ini dipastikan jadi milik 'Los Cules'.

Belum ketahuan apakah skenario itu akan terwujud, tetapi yang pasti Barca memang amat bertekad untuk segera mengamankan gelar juara La Liga, menyusul kekecewaan di Liga Champions.

"Kami sangat kecewa tapi masih ada gelar La Liga yang bisa diamankan," kata gelandang Barca Cesc Fabregas usai timnya tersingkir dari Liga Champions.

"Kami harus segera menuntaskannya sesegera mungkin," sambung bek Barca Gerard Pique, seperti diwartakan Reuters.

Terkait hal tersebut, Barca harus mewaspadai performanya sendiri yang kurang oke belakangan ini. Dalam sembilan laga terakhir di seluruh kompetisi, cuma tiga kemenangan yang bisa dipetik.

Betis, sementara itu, sedang menempati posisi tujuh dan berusaha menembus zona Liga Europa. Mereka pun punya salah satu catatan tandang terbaik musim ini di La Liga, kendatipun belakangan juga tampil kurang oke karena cuma meraih satu kemenangan dari enam pertandingan terakhirnya.

Beralih ke Santiago Bernabeu, Madrid disebut punya catatan kandang bagus karena belum pernah kalah di markasnya itu sejak Januari 2012. Sedangkan Valladolid yang ada di posisi 13 dengan 40 poin relatif aman dari ancaman zona degradasi.

Tim peringkat tiga Atletico Madrid, dengan 68 poin, terbilang cukup aman di posisinya tersebut yang mana juga merupakan posisi terakhir meraih tiket langsung Liga Champions. Pekan ini Atletico akan melawat ke Riazor markas Deportivo La Coruna yang sedang berusaha menyelamatkan diri dari degradasi dan cuma berjarak satu posisi dari zona maut tersebut.

Sedangkan Real Sociedad yang berada di posisi empat dengan 58 poin akan berusaha mengokohkan posisi di zona terakhir untuk lolos ke Liga Champions, ketika melawat ke markas Getafe.

Malaga dan Osasuna, yang membayangi Sociedad dengan 53 poin, kembali akan berusaha memberikan tekanan sekaligus menjaga asa lolos ke Eropa--keduanya berada di posisi lima dan enam yang merupakan zona Liga Europa. Pekan ini Malaga akan melawat ke markas Granada sedangkan Valencia menjamu Osasuna. (detik.com)

ads

Ditulis Oleh : erhan ahong Hari: 9:42 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf