lihat juga

Wednesday, May 1, 2013

Akhir Pekan Ini Dortmund & Bayern Bertemu Dulu di Liga

 
Jakarta - Borussia Dortmund akan berhadapan dengan Bayern Munich di final Liga Champions bulan Mei depan. Akhir pekan ini juga akan ada partai "pemanasan" dari laga tersebut.

Dortmund memastikan tiket final Liga Champions musim ini, Rabu (1/5/2013) dinihari WIB, dengan menyisihkan Real Madrid 4-1 dan 0-2 dalam agregat total 4-3.

Sehari setelah itu, Kamis (2/5) dinihari WIB, Bayern menyusul rivalnya di Jerman tersebut dengan kemenangan 3-0 yang melengkapi hasil 4-0 sebelumnya, dengan agregat 7-0.

Dengan hasil tersebut maka der Klassiker dipastikan hadir di partai puncak Liga Champions yang akan dihelat di Stadion Wembley, Inggris, pada 25 Mei mendatang.

Sebelum pertemuan tersebut, ada semacam "prafinal Liga Champions" pada akhir pekan, ketika Dortmund menjamu Bayern di partai Bundesliga, Sabtu (4/5).

Mengingat bahwa Bayern sudah menjuarai Bundesliga dan Dortmund relatif aman di posisi dua--kendatipun masih bisa disusul Bayer Leverkusen jika Dortmund kalah di tiga laga sisa dan Leverkusen memenangi tiga pertandingannya--niscaya "laga pemanasan" final Liga Champions itu takkan berjalan panas.

Bayern sendiri saat ini bercokol di pucuk klasemen Bundesliga dengan 84 poin hasil dari 31 laga. Sementara Dortmund menghuni posisi dua dengan 64 poin, alias terpaut 20 angka dari Bayern.

Satu faktor yang mungkin membuat der Klassiker Bundesliga ini masih berjalan seru adalah jika kedua kesebelasan berniat untuk memupuk rasa percaya diri dan keunggulan psikologis atas lawannya, dengan berorientasi ke final Liga Champions.

Akan tetapi, mempertimbangkan faktor potensi cedera pemain, baik Dortmund maupun Bayern sepertinya juga tidak akan mau terlalu mati-matian untuk laga akhir pekan ini--Dortmund bahkan sudah kehilangan Mario Goetze yang cedera hamstring dan sedang diupayakan fit untuk final Liga Champions.

Sebagai catatan, musim ini Dortmund dan Bayern sudah berhadapan tiga kali; di Piala Super Jerman, laga Bundesliga, dan perempatfinal DFB Pokal. Pada pertemuan pertama Agustus lalu, Bayern mengalahkan Dortmund 2-1. Di pertemuan berikutnya kedua tim berimbang 1-1. Sedangkan di laga sebelum ini Bayern menang 1-0 atas Dortmund untuk mencapai semifinal DFB Pokal.

Maka laga di Signal Iduna Park pada akhir pekan akan menjadi pertemuan keempat Dortmund dengan Bayern musim ini, dan final Liga Champions di Wembley mendatang menjadi kali kelima keduanya berhadapan di musim 2012/2013.

Secara keseluruhan, seperti dicatat Fusball Wettpoint, Dortmund dan Bayern sudah berhadapan 25 kali di seluruh kompetisi. Bayern mengungguli Dortmund dengan 11 kemenangan berbanding 9, sedangkan lima laga sisanya berakhir seri.


(detik.com)

ads

Ditulis Oleh : erhan ahong Hari: 10:07 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf