lihat juga

Tuesday, April 30, 2013

Untuk Lolos ke Final, Barca Harus Ukir Sejarah Baru

 
Barcelona - Barcelona benar-benar menanggung beban yang tidak ringan di leg kedua semifinal Liga Champions. Saking beratnya tugas mereka, Los Cules sampai harus mengukir sejarah baru untuk lolos ke final.

Barca menelan kekalahan telak dengan skor 0-4 dari Bayern Munich di leg pertama, pekan lalu. Dengan demikian, untuk bisa membalikkan keadaan, mereka wajib menang dengan skor minimal 5-0 pada pertemuan kedua yang akan dihelat di Camp Nou, Kamis (2/5/2013) dinihari WIB.

Dalam sejarah Piala Champions/Liga Champions, belum pernah ada tim yang mampu lolos ke babak berikutnya setelah kalah dengan selisih empat gol atau lebih di leg pertama. Oleh karena itu, kalau Barca mampu melakukannya, mereka akan membuat sejarah baru.

Berikut data dan fakta pertandingan Barcelona vs Bayern Munich, seperti dikutip dari Eurosport:

- Kekalahan 0-4 yang diderita Barca dari Bayern di leg pertama menyamai rekor kekalahan terbesar Barca di kompetisi Eropa. Azulgrana juga kalah 0-4 dari Dynamo Kyiv dalam laga fase grup Liga Champions di Camp Nou, November 1997.

- Kalau Bayern Munich lolos, ini akan menjadi final Liga Champions ketiga mereka dalam kurun waktu empat musim terakhir. Mereka juga menjadi finalis pada tahun 2010 (kalah dari Inter Milan) dan tahun 2012 (kalah dari Chelsea).

- Barcelona hanya menang sekali dalam tujuh laga kompetitif melawan Bayern Munich (dua kali imbang, empat kali kalah).

- Barcelona hanya menang sekali dalam enam laga terakhirnya di Liga Champions (tiga kali imbang, dua kali kalah).

- Lebih buruk lagi, Barca hanya menang sekali dalam tujuh laga terakhirnya di babak knockout Liga Champions (mengalahkan AC Milan 4-0 di leg kedua babak 16 besar). Sisanya, tiga imbang dan tiga kalah.

- Barcelona tak terkalahkan dalam 21 laga terakhir di Liga Champions yang digelar di Camp Nou (16 kali menang, lima kali imbang). Kekalahan terakhir mereka di Camp Nou terjadi pada Oktober 2009, ketika dikalahkan Rubin Kazan 1-2.

- Tiga laga kandang terakhir Barca melawan tim-tim Jerman di babak knockout Liga Champions berakhir dengan kemenangan dengan selisih minimal empat gol. Mereka mengalahkan Bayern Munich 4-0 (April 2009), VfB Stuttgart 4-0 (Maret 2010), dan terakhir Bayer Leverkusen 7-1 (Maret 2012).

- Bayern Munich memenangi tiga laga terakhirnya di Liga Champions tanpa kebobolan satu gol pun. Bek Arsenal Laurent Koscielny adalah pemain terakhir yang mencetak gol ke gawang Bayern, di leg kedua babak 16 besar.

- Thomas Mueller terlibat secara langsung dalam terciptanya 54,5 persen gol Bayern Munich di babak knockout Liga Champions musim ini. Enam dari 11 gol Bayern melibatkan Mueller (empat gol, dua assist).

- Sejak musim 2008/2009, Lionel Messi sudah membukukan 51 gol di Liga Champions. Jumlah tersebut lebih banyak 37 buah dibandingkan pemain-pemain Barca lainnya dalam periode yang sama (Pedro Rodriguez, 14 gol).

(detik.com)

ads

Ditulis Oleh : erhan ahong Hari: 9:44 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf