lihat juga

Tuesday, April 30, 2013

Orang Jerman Tentukan Pemenang Madrid vs Dortmund

 Headline
Madrid – Giliran Real Madrid menjamu Borussia Dortmund di leg kedua babak semifinal Liga Champions. Laga berat menanti Los Galacticos di depan publiknya sendiri. Mampukah mereka membalikkan keadaan?

Pada pertemuan pertama, Los Galacticos kalah 4-1 atas Dortmund di Stadion Signal Iduna Park. Empat gol dari Robert Lewandowski hanya mampu dibalas satu oleh bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.
Tim besutan Jose Mourinho tersebut membutuhkan kemenangan mininal tiga gol tanpa balas saat menjamu Dortmund di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (1/5/2013) dinihari WIB.

Ada hal menarik pada laga nanti. Pasalnya pemenang di partai nanti akan ditentukan dari beberapa pemain asal Jerman yang berada pada kedua kesebelasan dalam menciptakan kreativitas serangan.
Pertarungan sesama pemain Jerman ini bakal terjadi di sektor tengah. Di kubu Madrid ada Mesut Ozil dan Sami Khedira, sedangkan Dortmund memiliki Marco Reus dan Mario Gotze. Ya, keempat pemain itu merupakan penggawa timnas Jerman. Merekalah yang bakal membangun serangan untuk timnya masing-masing.

Andai mau diperdalam lagi mengenai kemampuan keempat pesepak bola Jerman itu, maka semuanya memiliki kemiripan. Keempatnya merupakan sosok sentral di tim Panser Jerman dalam beberapa waktu terakhir.
Hal lain yang dipertimbangkan, yakni kemampuan mereka dalam bermain sangat baik, memiliki akurasi umpan panjang dan pendek yang tinggi. Ketika di atas lapangan, keempatnya merupakan pemain yang cerdas dalam mengamati jalannya pertandingan.

Khedira dan Ozil merupakan senior dari dua pemain Jerman yang membela Madrid. Kedua pemain Los Blanco itu lebih sering merasakan panasnya persaingan di Liga Champions.
Pengalaman itu akan dijadikan modal berharga bagi Khedira dan Ozil. Khedira pernah mengatakan siap mengantarkan Madrid meraih La Decima (gelar kesepuluh Liga Champions) di musim ini. Untuk membuktikan perkataannya, Khedira bakal tampil habis-habisan di pertemuan kedua babak semifinal.
“Madrid akan memberikan tekanan, kami tidak akan membiarkan Dortmund mencuri gol di sini. Kami melakukan hal itu karena menginginkan La Decima,” kata Khedira dinukilFootball Espana.
Pemain berusia 26 tahun tersebut menjelaskan peran Ozil di Madrid. Menurutnya, Ozil merupakan salah satu pemain terbaik yang dimiliki El Real dalam hal membangun serangan.
“Kami memiliki Mesut Ozil bisa membangun serangan untuk memberi tekanan kepada pertahanan mereka. Dia salah satu kreator terbaik Madrid,” puji Khedira.

Di dalam skuat Madrid, Khedira dan Ozil mempunyai peran yang berbeda. Khedira merupakan rekan Xabi Alonso di posisi gelandang bertahan, merekalah yang bertugas mematikan serangan pemain lawan. Sementara Ozil merupakan pemain sayap, dia bekerja sama dengan Cristiano Ronaldo dalam membongkar pertahanan lawan dari pinggir lapangan. Terkadang keduanya saling tukar posisi demi mengecok pertahanan lawannya.

Dari kubu Die Borussen, pemanpilan Reus dan Gotze di lini tengah Dortmund memang fantastis di musim ini. Keduanya memainkan peran yang sama, yakni gelandang serang. Reus dan Gotze tampak sudah sehati dalam membangun serangan untuk timnya.
Dari segi usia, Reus dan Gotze memang lebih muda ketimbang dua pemain Jerman yang dimiliki Madrid. Reus berusia 23 tahun, sedangkan Gotze baru 20 tahun. Meski demikian, faktor usia tidak menjadi alasan pemain Dortmund itu untuk tampil bagus di kompetisi Eropa. Musim ini, Reus menciptakan empat gol dan Gotze sudah mengantongi dua gol di Liga Champions.

“Kami sedang menatap pertandingan menghadapi Madrid malam (dini hari WIB) nanti. Kami ingin mencapai partai final Liga Champions, tidak ada yang bisa mengalihkan perhatian dari tujuan kami datang ke Stadion Santiago Bernabeu,” ucap Reus, dikutip dari Goal.
Gotze sendiri dipastikan hengkang ke Bayern Munchen akhir musim ini. Namun Reus yakin rekannya akan berusaha meninggalkan catatan manis untuk Dortmund, yang membina Gotze sejak usia sembilan tahun.
“Mario (Gotze) memang sudah membuat keputusan untuk masa depannya, Dortmund pun menghormatinya. Tapi, saya dan Mario harus bekerja sama untuk membangun serangan untuk Dortmund. Kami akan berpesta bersama Mario,” Reus menambahkan.
Pertandingan seru Real Madrid kontra Borussia Dortmund akan disiarkan langsung oleh SCTV, Rabu (1/5/2013) mulai pukul 01.45 WIB.[yob]

Pertemuan terakhir
25 Apr 2013 Borussia Dortmund 4 – 1 Real Madrid
7 Nov 2012 Real Madrid 2 – 2 Borussia Dortmund
25 Okt 2012 Borussia Dortmund 2 – 1 Real Madrid
20 Agu 2013 Borussia Dortmund 0 – 5 Real Madrid

Lima pertandingan terakhir Real Madrid
28 Apr 2013 Atletico Madrid 1 – 2 Real Madrid
25 Apr 2013 Borussia Dortmund 4 – 1 Real Madrid
20 Apr 2013 Real Madrid 3 – 1 Real Betis
15 Apr 2013 Athletic Bilbao 0 – 3 Real Madrid
10 Apr 2013 Galatasaray 3 – 2 Real Madrid

Lima pertandingan terakhir Borussia Dortmund
27 Apr 2013 Fortuna Dsseldorf 1 – 2 Borussia Dortmund
25 Apr 2013 Borussia Dortmund 4 – 1 Real Madrid
20 Apr 2013 Borussia Dortmund 2 – 0 FSV Mainz
13 Apr 2013 Greuther Frth 1 – 6 Borussia Dortmund
10 Apr 2013 Borussia Dortmund 3 – 2 Malaga

Susunan pemain
Real Madrid: Diego Lopez, Sergio Ramos, Pepe, Raul Albiol, Marcelo, Xabi Alonso, Sami Khedira, Luka Modric, Cristiano Ronaldo, Mesut Ozil, Karim Benzema

Pelatih: Jose Mourinho

Borussia Dortmund: Roman Weindenfeller, Heven Subotic, Mats Hummels, Likasz Piszczek, Marcel Schmelzer, Sebastian Kehl, Ilkay Gundogan, Marco Reus, Mario Gotze, Nuri Sahin, Robert Lewandowski

Pelatih: Jurgen Klopp

(inilah.com)

ads

Ditulis Oleh : erhan ahong Hari: 5:51 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf