lihat juga

Sunday, April 7, 2013

Format Baru Kualifikasi MotoGP

Mungkin beberapa Sobat46 ada yang merasa aneh melihat informasi adanya Q1 dan Q2 pada jadwal yang terpampang di cover photo page Sobat46. Kenapa ada dua sesi kualifikasi? Koq tidak seperti biasanya?

Ya. MotoGP kini mengikuti F1 dan WSBK dengan memperkenalkan sesi kualifikasi bergaya knockout yang digunakan sejak gelaran pertama musim 2013. Tapi tidak seperti F1 dan WSBK, MotoGP memperhitungkan performa pembalap pada sesi latihan, dimana 10 pembalap tercepat akan langsung masuk pada sesi kualifikasi kedua (Q2) yang akan menentukan posisi 12 pembalap tercepat.

Lho, koq bisa 12 pembalap? Bukannya hanya 10 pembalap yang masuk ke sesi Q2? Begini ceritanya, semua pembalap di luar 10 besar setelah melakukan rentetan sesi Free Practice (FP) akan mengikuti sesi kualifikasi pertama (Q1) dan 2 pembalap tercepat pada sesi ini berhak ikut pada sesi Q2 bersama 10 pembalap tercepat dari sesi FP tadi.

Masing-masing sesi kualifikasi hanya berdurasi 15 menit saja dan tambahan sesi FP4 dengan durasi 30 menit sesaat sebelum sesi kualifikasi.

Sistem baru ini sangat menguntungkan bagi pembalap tim CRT, sebab mereka akan berfokus pada Q1 dan sponsor mereka mendapatkan kesempatan dengan terekspos lebih banyak di TV, sementara itu secara teori pembalap yang lebih cepat juga akan mendapatkan ruang gerak yang lebih leluasa pada Q2 karena hanya 12 pembalap yang mengisi trek.

ads

Ditulis Oleh : erhan ahong Hari: 6:55 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf