lihat juga

Sunday, February 10, 2013

Siapa Yang Memberikan Nama Pada Rover "Curiosity" ?

http://astronesia.blogspot.com/
Clara Ma

Astronesia-Pasti anda semua sudah tahu apa itu rover Curiosity.Iya,Curiosity adalah sebuah robot penjelajah dan berteknologi tinggi yang saat ini sedang berjalan di planet tetangga kita,Mars.

Tapi pernahkah anda bertanya-tanya,siapa yang memberikan nama kepada Rover terbaru ini?

Yang memberikan nama Curiosity bukan dari pejabat atau ilmuwan NASA,melainkan seorang remaja cantik asal Kansas yang saat itu berumur 12 tahun (sekarang 15 tahun) dan duduk di bangku kelas 6,Clara Ma.


Clara Ma berhak menamakan robot senilai 2,5 miliar dollar ini sebagai pemenang kontes spesial.Ma dikenal suka mengajukan pertanyaan sebagai siswa yang duduk di kelas 6 sains.

http://astronesia.blogspot.com/
Clara Ma dan Curiosity

"Saya melihat sebuah artikel tentang rover Mars dan bagaimana cara mengikuti kontes untuk menamakannya.Disitu dia juga melihat dua gadis yang muncul sebagai pemenang dalam menamai dua rovers sebelumnya."Saya berpikir bahwa akan menjadi hal yang luar biasa bagi saya untuk mencoba dan melakukan." Lanjut Ma.

Hingga tahun 2009,rover itu hanya dikenal sebagai Mars Science Laboratory. Lebih dari 9.000 siswa dari seluruh negeri memasuki kontes itu untuk memberikannya sebuah nama dan akhirnya Clara Ma pemenangnya. 

Dia kemudian diundang oleh NASA Jet Propulsion Lab untuk melihat Curiosity di bangun dan memberikan tanda tangannya di sisi rover.Saat ini, nama wanita muda itu sedang menggelinding di permukaan Mars!

Berikut ini tulisan Clara Ma yang membuatnya menang saat ikut kontes (sekedar mengingatkan) :

"Curiosity is an everlasting flame that burns in everyone’s mind. It makes me get out of bed in the morning and wonder what surprises life will throw at me that day. Curiosity is such a powerful force. Without it, we wouldn’t be who we are today. When I was younger, I wondered, ‘Why is the sky blue?’, ‘Why do the stars twinkle?’, ‘Why am I me?’, and I still do. I had so many questions, and America is the place where I want to find my answers. Curiosity is the passion that drives us through our everyday lives. We have become explorers and scientists with our need to ask questions and to wonder. Sure, there are many risks and dangers, but despite that, we still continue to wonder and dream and create and hope. We have discovered so much about the world, but still so little. We will never know everything there is to know, but with our burning curiosity, we have learned so much."

Selama konferensi pers yang diadakan setelah Curiosity berhasil mendarat di Mars, Clara Ma terdengar mengatakan bahwa ia akan senang bekerja untuk NASA suatu hari nanti.

NASA sangat beruntung :)

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 12:59 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf