lihat juga

Monday, February 4, 2013

Mak Bongky, Dari Radio ke Layar Kaca

Mak Bongky, Dari Radio ke Layar Kaca

Mak Bongky
[imagetag]

Mak Bongky



Kapanlagi.com

- Saat ini publik lebih mengenal sosok Mak Bongky sebagai komedian dalam acara televisi di Surabaya. Namun sebenarnya, pemilik nama asli Sri Hoenoen Ontowati lebih dulu malang melintang di dunia radio.

Sejak berkuliah di Akademi Sekretaris Indonesia (ASMI) pada awal tahun 1990, Mak Bongky sudah menekuni porfesi penyiar. Beberapa radio yang pernah menjadi tempat bernaungnya antara lain Radio Carolina, EBS, dan Radio Suzana.

Sosok Mak Bongky baru dikenal masyarakat luas lewat acara Mak Bongky yang ditayangkan oleh JTV, stasiun televisi lokal Surabaya pada tahun 2002. "Baru pada tahun 2002 mama ditawari ngisi acara JTV", ungkap Dina Septa Fida. Dalam acara ini, Mak Bongky didandani ala mak lampir lengkap dengan suara serak dan menakutkan.

Mak Bongky berperan menjadi dukun ramal dengan sentuhan guyonan yang khas Suroboyoan. Dandanan rambut yang awut-awutan dan make up yang menyeramkan bukan membuat penonton takut namun justru semakin mengundang tawa. Acara Mak Bongky ini pun sukses bertahan selama beberapa tahun.

Setelah acara Mak Bongky usai masa tayangnya, publik Jawa Timur sepertinya merindukan sosok Mak Bongky. Ia pun kemudian kembali dipercaya mengisi acara Mak Bongky Jemunuk Jaya dan acara Becak Bareng Mak Bongky (BBM). Sekitar satu bulan sebelum meninggal, dalam keadaan sakit Mak Bongky masih tampil menghibur penggemarnya di layar kaca.

Ketika Mak Bongky merasa sudah tak mampu lagi menahan sakitnya, dia pun meminta izin untuk menjalani pengobatan. Setelah satu bulan di rawat di rumah sakit, Mak Bongky akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya di RSAL Dr. Ramelan Surabaya akibat pembuluh darah di bawah otaknya pecah.

Selamat jalan Mak Bongky, kami akan merindukan celetukan dan guyonanmu yang khas :)

 

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 11:53 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf