lihat juga

Tuesday, December 18, 2012

Video: Lubang Hitam Besar Ditemukan Di NGC 3627

http://astronesia.blogspot.com/
Gambar komposit dari NGC 3627, yang dirilis pekan lalu,menggabungkan data Chandra (biru) dengan data inframerah dari Spitzer Space Telescope (merah) dan data optik dari Hubble Space Telescope dan Very Large Telescope (kuning).

Astronesia-Galaksi spiral NGC 3627, terletak 30 juta tahun cahaya dari Bumi dan pengamatan X-ray mengungkapkan mungkin galaksi itu menyembunyikan lubang hitam supermasif di pusatnya.Para peneliti mengatakan galaksi ini hanyalah salah satu contoh bagaimana teleskop X-ray dapat membantu mengungkap apa yang belum diketahui sebelumnya, lubang hitam raksasa tepat di lingkungan kosmik kita.

Sebuah tim ilmuwan baru-baru ini melihat data yang dikumpulkan dengan X-ray Chandra NASA Observatory dari 62 galaksi terdekat dan menunjukkan bahwa 37 dari galaksi itu memiliki sumber X-ray di pusat mereka.Di antara mereka, tujuh galaksi dianggap menjadi kandidat baru yang memiliki lubang hitam supermasif.

Pengamatan X-ray dapat mengungkapkan tingkat rendah aktivitas lubang hitam yang mungkin telah terangi oleh cahaya optik terang galaksi.Survei yang rinci tahun lalu dalam The Astrophysical Journal, menunjukkan fraksi galaksi yang ditemukan memiliki lubang hitam supermasif jauh lebih tinggi dari sebelumnya yang ditemukan dengan pencarian optik.

Gambar komposit dari NGC 3627, yang dirilis pekan lalu,menggabungkan data Chandra (biru) dengan data inframerah dari Spitzer Space Telescope (merah) dan data optik dari Hubble Space Telescope dan Very Large Telescope (kuning).Ini menunjukkan seperti galaksi yang diamati pada 31 Maret 2008.

Berikut videonya:


Sumber: Space.com

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 5:30 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf