lihat juga

Friday, December 14, 2012

Asteroid Besar Saat Melintas Bumi Tertangkap Video

http://astronesia.blogspot.com/
Citra radar Asteroid Toutatis 4179 yang diambil oleh NASA's Goldstone Solar System Radar pada 12 Desember, dan 13, 2012

Astronesia-Sebuah video baru menangkap gambar asteroid Toutatis 4179 raksasa yang melintas di atas bumi awal pekan ini.Video Asteroid Toutatis yang berdurasi sekitar 40 detik ini menggabungkan citra radar 64 yang di ambil Rabu dan Kamis (12 Desember dan 13) oleh NASA's Deep Space Network antenna di Goldstone, California Pada hari itu,asteroid Toutatis berjarak sekitar 4,3 juta mil (7 juta kilometer) dari Bumi, atau sekitar 18 kali jarak bumi dan bulan.

Gambar radar baru yang memiliki resolusi 12 kaki (3,75 meter) per pixel ini menunjukkan secara detail Asteroid yang memiliki lebar 3mil (5 kilometer) ini.Bentuk obyek Toutatis , memanjang berbentuk tidak teratur dengan beberapa pegunungan, kata para peneliti.
  
Video ini juga menyoroti bagaimana pergerakan Toutatis. Asteroid berputar sekitar sumbu panjang setiap 5,4 hari dan bergetar melalui ruang seperti bola yang dilemparkan, kata para ilmuwan.

Toutatis tidak pernah menimbulkan ancaman bagi Bumi pada pendekatan baru-baru ini, dan peneliti mengatakan tidak ada kesempatan asteroid itu akan menghantam planet kita selama empat abad berikutnya atau lebih. (Di luar waktu itu, orbit asteroid tidak dapat dihitung secara akurat.)

Namun demikian, Minor Planet Center di Cambridge, Mass, memasukkan daftar Toutatis sebagai objek yang berpotensi berbahaya bagi bumi, yang berarti bahwa hal itu bisa menimbulkan risiko ke bumi di beberapa titik di masa depan.

Sebagai perbandingan, asteroid diperkirakan telah menyapu bersih dinosaurus sekitar 65 juta tahun yang lalu dan di perkiraan berukuran 6 mil (10 km).

Toutatis Asteroid membuat perjalanan mengelilingi matahari setiap empat tahun. Pertemuan berikutnya dekat dengan Bumi akan terjadi lagi pada bulan November 2069, ketika batu luar angkasa ini erjarak sekitar 1,8 juta mil (3 juta km), atau 7,7.jarak bumi dan bulan.

Berikut videonya:



Sumber: Space.com

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 5:53 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf