lihat juga

Saturday, September 8, 2012

AutoTram Extra Grand: Bus Terpanjang di Dunia Dengan Panjang 30 Meter


AutoTram Extra Grand: Bus Terpanjang di Dunia Dengan Panjang 30 Meter
Make You Smarter Blog - Tangan dari para sopir bus di kota Dresden, Jerman mungkin akan gemetaran membayangkan bagaimana rasanya mengendarai sebuah bis yang amat panjang dan siap dijalankan mulai bulan depan.
Dengan panjang mencapai 30 meter, bus tersebut akan mampu menampung penumpang hingga sebanyak 256 orang. Kalau misalnya bus ini beroperasi pada jam-jam sibuk, entah berapa lama waktu yang terbuang dalam perjalanan mengingat banyaknya penumpang yang turun dan naik dari bus secara silih berganti.
Bus tersebut dijuluki AutoTram Extra Grand, dan harga untuk tiap unit bus tersebut mencapai $10 juta. Dengan menggunakan bahan bakar listrik, energi dari satu kali charge baterai untuk bus ini kabarnya akan mampu menggerakkan bus hingga 8 kilometer. Namun Anda tak perlu khawatir bahwa bus tersebut bakal kehabisan energi baterai di tengah jalan, karena sebuah sistem on-board di dalam bus tersebut akan memungkinkan baterai lain bisa terisi ketika bus berjalan.
Yang menarik, tidak ada sebuah SIM khusus yang harus dimiliki untuk bisa mengendarai bus ini, namun harga $10 juta tersebut mungkin akan termasuk dengan biaya pelatihan mengemudi secara intensif.
Perusahaan yang memproduksi bus ini adalah Fraunhofer IVI, dan mereka mengklaim bahwa secure electro-hydraulic actuator system dalam bus ini akan memungkinkan pengemudinya mengendalikan bus dan melakukan manuver maju dan mundur seperti halnya pada bus biasa. Satu hal yang masih sulit untuk dijawab adalah bagaimana bus ini akan melewati jalan yang penuh belokan berliku-liku di dalam kota Dresden.
Kota-kota lain yang telah mencoba mengoperasikan bus seukuran AutoTram Extra Grand di kota mereka adalah kota Beijing dan Hangzhou di China, dimana mereka telah memiliki unit serupa setahun yang lalu.
Kota London sesungguhnya sudah pernah mencoba mengoperasikan bus dengan konsep serupa beberapa tahun lalu (dijuluki bendy bus yang panjangnya mencapai 20 meter), namun memutuskan untuk tidak meneruskan operasinya karena alasan keamanan, serta kekhawatiran akan banyaknya penumpang yang melarikan diri sebelum membayar.
Untuk Indonesia, kira-kira kota manakah yang siap untuk mengoperasikan bus ini?

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 1:39 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf